Belajar dari Rumah TVRI Untuk SD Kelas 4 - 6 Minggu Ketiga (27 April - 3 Mei 2020) - Anak Belajar -->

Halaman

    Social Items

belajar di rumah
Program Belajar dari Rumah oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan alternatif kegiatan pembelajaran selama anak belajar di rumah karena terdampak masa pandemik COVID-19. Tayangan dalam program Program Belajar dari Rumah meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, SMA/SMK dan sederajat, dan program keluarga dan kebudayaan. Pembelajaran dalam Program Belajar dari Rumah ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi.

Panduan Untuk Orang Tua Dalam Program Belajar Di rumah 
Kompetensi Literasi
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan:


  1. Dampingi anak ketika sedang menyimak tayangan, kemudian minta anak untuk mengkomunikasikan ide, gagasan, maupun perasaan sendiri, baik lisan maupun tertulis, dari tayangan tersebut. Selanjutnya, orang tua perlu mendengarkan, membaca apa yang disampaikan anak, dan memberi umpan balik berupa tanya jawab, diskusi dan pujian.
  2. Lakukan diskusi dengan anak terkait hasil tulisannya. Perhatikan tema, topik, gagasan, atau ide yang dirasa belum pas dan beri waktu kepada anak untuk mengemukaan pendapatnya dan memperbaiki tulisannya.Jika orang tua mengalami kesulitan, bisa diskusi bersama keluarga dan guru.
  3. Mintalah anak untuk membacakan hasil tulisannya.Perhatikan cara duduk, jarak dari buku ke mata, posisi sikap yang baik, dan intonasi pembacaan. Selanjutnya, bersama-sama orang tua dan anak menyimpulkan bacaan.

Kompetensi Numerasi
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan:

  1. Berusahalah untuk mendampingi anak menyaksikan tayangan hingga selesai. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan.
  2. Ajaklah anak berdiskusi kebermanfaatan tayangan yang disaksikan. Berilah motivasi untuk penyelesaian tugas yang diberikan dengan memeriksa kembali apa yang sudah dikerjakan anak.
  3. Untuk tugas yang rumit atau perlu penyelesain, arahkan anak untuk mencari referensi lainnya dari buku. Jika memungkinkan, berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut.
  4. Mintalah anak membacakan hasil karya yang ditulisnya dan berikan komentar seputar penyampaian dan komunikasi yang digunakan. Berikan penghargaan untuk karya yang sudah dibuat anak.

Program Tayang Untuk Kelas 4 - 6 SD dan Sederajat 

Senin, 27 April 2020 
Gemar Matematika bersama Pak Ridwan: Simetri Lipat dan Sifat-Sifat Bangun Ruang
Kompetensi Numerasi: Menganalisis bentuk bangun datar dan bangun ruang, dan mendeskripsikan hubungannya berdasarkan ciri-cirinya untuk pemecahan masalah

Pertanyaan:
1.Tentukan jumlah simetri lipat dari bangun datar pada gambar di samping!

2.Tulislah sifat-sifat bangun ruang yang tampak pada gambar!

3.Perhatikan gambar! Buatlah dua gambar jaring-jaring kubus lainnya yang berbeda!


Selasa, 28 April 2020 
Demam Puisi
Kompetensi Literasi: (1) Memahami paparan lisan tentang topik yang dikenali, mengidentifikasi ide pokok dan ide rinci dalam paparan tersebut, menjelaskannya kembali dan menanggapinya menggunakan pengetahuannya; (2) menulis esai pendek untuk menggambarkan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur

Pertanyaan:

  1. Apa makna persahabatan menurut Adi?
  2. Bagaimana cara Adi belajar puisi?
  3. Tuliskan 3 teknik membaca puisi!
  4. Buatlah puisi yang bertemakan keluarga dan bacakan di depan keluargamu!

Rabu, 29 April 2020 
X-Sains: Sumber-Sumber Energi dan Energi Alternatif

Kompetensi Literasi: Memahami paparan lisan tentang topik yang dikenali, mengidentifikasi ide pokok dan beberapa ide rinci dalam paparan tersebut, menjelaskannya kembali dan
menanggapinya menggunakan pengetahuannya

Pertanyaan

  1. Mengapa pemanfaatan sumber energi tidak boleh berlebihan?
  2. Pak Dodi mengendarai mobil pada malam hari. Sebutkan perubahan energi yang terjadi pada mobil tersebut!
  3. Jelaskan pemanfaatan energi alternatif biogas dalam kehidupan sehari-hari!

Kamis, 30 April 2020
Sejarah Kerajaan Tarumanegara
Kompetensi Literasi: Menulis esai pendek untuk menggambarkan
pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur

Pertanyaan
1. Jelaskan sejarah berdirinya Kerajaan Tarumanegara!
2. Jelaskan yang menjadi bukti tentang berdirinya Kerajaan Tarumanegara!


Jumat, 1 Mei 2020 (Libur)
Film Animasi Anak: Sahabat Pemberani
Episode : Main Jujur 
Tiga sahabat pemberani kembali hadir dengan petualangan mereka yang
menyenangkan! Dalam episode Main Jujur ini, Panji, Krisna dan Kirana bermain
bersama teman-temanya di lapangan. Mereka bermain kelereng dan gobak sodor.
Eits, walaupun bermain, tapi ada aturanya loh. Bagaimana keseruan mereka bermain
bersama ya?

Dalam episode Penyelamatan Hutan, Panji, Krisna, dan Kirana bermain ke hutan. Saat itu
mereka mendengar suara burung-burung yang terbang ketakutan dan suara owa jawa
yang kesakitan. Ternyata owa jawa tadi terjepit oleh pohon tumbang yang ditebang oleh
pelaku perusak hutan. Apakah mereka berhasil mencegah pelaku itu kabur, sebelum
penjaga hutan datang menangkap perusak hutan?

Belajar dari Rumah TVRI Untuk SD Kelas 4 - 6 Minggu Ketiga (27 April - 3 Mei 2020)

belajar di rumah
Program Belajar dari Rumah oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan alternatif kegiatan pembelajaran selama anak belajar di rumah karena terdampak masa pandemik COVID-19. Tayangan dalam program Program Belajar dari Rumah meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, SMA/SMK dan sederajat, dan program keluarga dan kebudayaan. Pembelajaran dalam Program Belajar dari Rumah ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi.

Panduan Untuk Orang Tua Dalam Program Belajar Di rumah 
Kompetensi Literasi
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan:


  1. Dampingi anak ketika sedang menyimak tayangan, kemudian minta anak untuk mengkomunikasikan ide, gagasan, maupun perasaan sendiri, baik lisan maupun tertulis, dari tayangan tersebut. Selanjutnya, orang tua perlu mendengarkan, membaca apa yang disampaikan anak, dan memberi umpan balik berupa tanya jawab, diskusi dan pujian.
  2. Lakukan diskusi dengan anak terkait hasil tulisannya. Perhatikan tema, topik, gagasan, atau ide yang dirasa belum pas dan beri waktu kepada anak untuk mengemukaan pendapatnya dan memperbaiki tulisannya.Jika orang tua mengalami kesulitan, bisa diskusi bersama keluarga dan guru.
  3. Mintalah anak untuk membacakan hasil tulisannya.Perhatikan cara duduk, jarak dari buku ke mata, posisi sikap yang baik, dan intonasi pembacaan. Selanjutnya, bersama-sama orang tua dan anak menyimpulkan bacaan.

Kompetensi Numerasi
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan:

  1. Berusahalah untuk mendampingi anak menyaksikan tayangan hingga selesai. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan.
  2. Ajaklah anak berdiskusi kebermanfaatan tayangan yang disaksikan. Berilah motivasi untuk penyelesaian tugas yang diberikan dengan memeriksa kembali apa yang sudah dikerjakan anak.
  3. Untuk tugas yang rumit atau perlu penyelesain, arahkan anak untuk mencari referensi lainnya dari buku. Jika memungkinkan, berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut.
  4. Mintalah anak membacakan hasil karya yang ditulisnya dan berikan komentar seputar penyampaian dan komunikasi yang digunakan. Berikan penghargaan untuk karya yang sudah dibuat anak.

Program Tayang Untuk Kelas 4 - 6 SD dan Sederajat 

Senin, 27 April 2020 
Gemar Matematika bersama Pak Ridwan: Simetri Lipat dan Sifat-Sifat Bangun Ruang
Kompetensi Numerasi: Menganalisis bentuk bangun datar dan bangun ruang, dan mendeskripsikan hubungannya berdasarkan ciri-cirinya untuk pemecahan masalah

Pertanyaan:
1.Tentukan jumlah simetri lipat dari bangun datar pada gambar di samping!

2.Tulislah sifat-sifat bangun ruang yang tampak pada gambar!

3.Perhatikan gambar! Buatlah dua gambar jaring-jaring kubus lainnya yang berbeda!


Selasa, 28 April 2020 
Demam Puisi
Kompetensi Literasi: (1) Memahami paparan lisan tentang topik yang dikenali, mengidentifikasi ide pokok dan ide rinci dalam paparan tersebut, menjelaskannya kembali dan menanggapinya menggunakan pengetahuannya; (2) menulis esai pendek untuk menggambarkan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur

Pertanyaan:

  1. Apa makna persahabatan menurut Adi?
  2. Bagaimana cara Adi belajar puisi?
  3. Tuliskan 3 teknik membaca puisi!
  4. Buatlah puisi yang bertemakan keluarga dan bacakan di depan keluargamu!

Rabu, 29 April 2020 
X-Sains: Sumber-Sumber Energi dan Energi Alternatif

Kompetensi Literasi: Memahami paparan lisan tentang topik yang dikenali, mengidentifikasi ide pokok dan beberapa ide rinci dalam paparan tersebut, menjelaskannya kembali dan
menanggapinya menggunakan pengetahuannya

Pertanyaan

  1. Mengapa pemanfaatan sumber energi tidak boleh berlebihan?
  2. Pak Dodi mengendarai mobil pada malam hari. Sebutkan perubahan energi yang terjadi pada mobil tersebut!
  3. Jelaskan pemanfaatan energi alternatif biogas dalam kehidupan sehari-hari!

Kamis, 30 April 2020
Sejarah Kerajaan Tarumanegara
Kompetensi Literasi: Menulis esai pendek untuk menggambarkan
pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur

Pertanyaan
1. Jelaskan sejarah berdirinya Kerajaan Tarumanegara!
2. Jelaskan yang menjadi bukti tentang berdirinya Kerajaan Tarumanegara!


Jumat, 1 Mei 2020 (Libur)
Film Animasi Anak: Sahabat Pemberani
Episode : Main Jujur 
Tiga sahabat pemberani kembali hadir dengan petualangan mereka yang
menyenangkan! Dalam episode Main Jujur ini, Panji, Krisna dan Kirana bermain
bersama teman-temanya di lapangan. Mereka bermain kelereng dan gobak sodor.
Eits, walaupun bermain, tapi ada aturanya loh. Bagaimana keseruan mereka bermain
bersama ya?

Dalam episode Penyelamatan Hutan, Panji, Krisna, dan Kirana bermain ke hutan. Saat itu
mereka mendengar suara burung-burung yang terbang ketakutan dan suara owa jawa
yang kesakitan. Ternyata owa jawa tadi terjepit oleh pohon tumbang yang ditebang oleh
pelaku perusak hutan. Apakah mereka berhasil mencegah pelaku itu kabur, sebelum
penjaga hutan datang menangkap perusak hutan?