Panduan Program Belajar dari Rumah TVRI Untuk SD Kelas 1 - 3 Minggu Ketiga (27 April - 3 Mei 2020) - Anak Belajar -->

Halaman

    Social Items

Program Belajar dari Rumah oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan alternatif kegiatan pembelajaran selama anak belajar di rumah karena terdampak masa pandemik COVID-19. Tayangan dalam program Program Belajar dari Rumah meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, SMA/SMK dan sederajat, dan program keluarga dan kebudayaan. Pembelajaran dalam Program Belajar dari Rumah ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi.

Panduan Untuk Orang Tua Dalam Program Belajar Di rumah 
Kompetensi Literasi
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan:
  1. Pandulah anak memahami instruksi lisan dari tayangan program dengan cara meminta anak mengulanginya. orang tua juga perlu mengajukan pertanyaan- pertanyaan kepada anak tentang kata-kata yang belum dipahami, lalu membantu menjelaskannya. Setelah anak mengerti, mintalah anak untuk membuat kalimat dari kata-kata tersebut.
  2. Khusus untuk instruksi/pertanyaan tertulis (dalam bentuk teks), mintalah anak membaca kembali instruksi tersebut. 
  3. Pandulah anak untuk menyampaikan pendapatnya dengan melakukan diskusi.
  4. Perhatikan bagaimana susunan kalimat yang dibuat anak.
  5. Pandulah anak untuk menyimak dengan baik tayangan yang ditampilkan.
  6. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan. Perhatikan apakah anak memahami tugas yang disampaikan dalam tayangan. Bantu anak agar bisa menyampaikan gagasan dengan kalimat yang benar dan runut. Orang tua diharapkan bisa mengarahkan anak agar bisa mengemukakan pendapatnya lewat diskusi. Mintalah anak menyampaikan gagasannya secara lisan.Jika memungkinkan, direkam.
  7. Untuk tugas tertulis, bantulah anak menuliskan baris demi baris tugasnya.

Kompetensi Numerasi
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan:

  1. Pandulah anak untuk menyimak dengan baik tayangan yang ditampilkan.
  2.  Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan.
  3. 3. Perhatikan apakah anak memahami tugas yang disampaikan dalam tayangan.
  4. 4. Pandulah anak untuk mengerjakan tugas tersebut.
  5. 5. Berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut.
Program Tayang Untuk Kelas 1 - 3 SD dan Sederajat

Senin, 27 April 2020
Sahabat Pelangi: Untuk Guruku Tersayang

Kompetensi Literasi: (1) Mengekspresikan gagasan secara lisan; (2) menulis beberapa kalimat dan menyuntingnya

Pertanyaan:

  1. Mengapa layangan Wayan tidak bisa terbang dengan baik?
  2. Selain foto bersama yang dipigura, hadiah apa yang ingin kamu berikan kepada Bu Ajeng agar selalu diingat?
  3. Tuliskan langkah-langkah membuat album foto yang kamu lihat pada cerita tadi!


Selasa, 28 April 2020
Gemar Matematika bersama Pak Ridwan: Meloncat dan Mengurut Bilangan

Kompetensi Numerasi: (1) Mengidentifikasi, menduplikasi, dan memperluas pola bilangan; (2) menyelesaikan masalah berkaitan dengan nilai tempat

Pertanyaan:

  1. Nisa bermain loncat angka. Dia mulai berdiri di angka 1. Berikutnya, Nisa meloncat sebanyak satu kali dan ia berada di angka 4. Jika Nisa berada pada angka 1 dan ia melompat sebanyak tiga kali, di angka berapakah Nisa berada?
  2. Arya memiliki bilangan 315, sedangkan Jamal memiliki bilangan 513. Apabila angka 3 pada kedua bilangan milik Arya dan Jamal dijumlah, hasil yang akan diperoleh adalah ....
  3. Andi akan membuat bilangan ratusan dari angka 0, 2, dan 5.

         a.Berapa banyak bilangan ratusan yang dapat dibuat Andi?
         b.Urutkan bilangan tersebut dari yang terkecil!


Rabu, 29 April 2020
Lagu dan Pakaian Adat: Aceh, Kalimantan, dan NTT
Kompetensi Literasi: (1) Menuliskan beberapa kalimat dan menyuntingnya; (2) memahami kata-kata baru yang dibicarakan dengan bantuan gambar

Indonesia memiliki lebih dari 1.000 suku bangsa, yang masing-masing memiliki bahasa dan kebudayaannya sendiri. Yuk, kita kenali lagu daerah dan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia, yaitu Aceh, Kalimantan Selatan, dan Nusa Tenggara Timur.

Pertanyaan:
  1. Tuliskan 3 kata dari daerah Aceh dalam lagu Bungong Jeumpa. Tuliskan juga artinya dalam bahasa Indonesia.
  2. Tuliskan 3 hal yang khas dari daerah Kalimantan Selatan yang sudah kamu lihat di tayangan tadi!
  3. Tuliskan cerita singkat tentang kekhasan daerah asalmu. Minimal terdiri dari 8 kalimat.
Kamis, 30 April 2020
Khan Academy: Hari, Bulan, dan Jam
Kompetensi Numerasi: (1) Mengenal nama-nama hari dan bulan; (2) membaca waktu jam berlabel; (3) membaca jam dalam 24 jam; (4) mengukur lama suatu kegiatan dalam satuan jam

Pertanyaan:

  1. 1. Rania menginap di rumah Nenek selama 3 hari. Rania mulai menginap pada hari Kamis. Pada hari apa Rania akan kembali ke rumah?
  2. Tunjukkan dengan gambar pukul 07.00, pukul 08.15, dan pukul 21.30

      3. Aria belajar dari pukul 7.30 sampai dengan pukul 9.00. Berapa lama Aria belajar?

Jumat, 1 Mei 2020 (Libur)

Dongeng Anak: Pani si Kelelawar dan Cerita si Kancil


Panduan Program Belajar dari Rumah TVRI Untuk SD Kelas 1 - 3 Minggu Ketiga (27 April - 3 Mei 2020)

Program Belajar dari Rumah oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan alternatif kegiatan pembelajaran selama anak belajar di rumah karena terdampak masa pandemik COVID-19. Tayangan dalam program Program Belajar dari Rumah meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, SMA/SMK dan sederajat, dan program keluarga dan kebudayaan. Pembelajaran dalam Program Belajar dari Rumah ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi.

Panduan Untuk Orang Tua Dalam Program Belajar Di rumah 
Kompetensi Literasi
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan:
  1. Pandulah anak memahami instruksi lisan dari tayangan program dengan cara meminta anak mengulanginya. orang tua juga perlu mengajukan pertanyaan- pertanyaan kepada anak tentang kata-kata yang belum dipahami, lalu membantu menjelaskannya. Setelah anak mengerti, mintalah anak untuk membuat kalimat dari kata-kata tersebut.
  2. Khusus untuk instruksi/pertanyaan tertulis (dalam bentuk teks), mintalah anak membaca kembali instruksi tersebut. 
  3. Pandulah anak untuk menyampaikan pendapatnya dengan melakukan diskusi.
  4. Perhatikan bagaimana susunan kalimat yang dibuat anak.
  5. Pandulah anak untuk menyimak dengan baik tayangan yang ditampilkan.
  6. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan. Perhatikan apakah anak memahami tugas yang disampaikan dalam tayangan. Bantu anak agar bisa menyampaikan gagasan dengan kalimat yang benar dan runut. Orang tua diharapkan bisa mengarahkan anak agar bisa mengemukakan pendapatnya lewat diskusi. Mintalah anak menyampaikan gagasannya secara lisan.Jika memungkinkan, direkam.
  7. Untuk tugas tertulis, bantulah anak menuliskan baris demi baris tugasnya.

Kompetensi Numerasi
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan:

  1. Pandulah anak untuk menyimak dengan baik tayangan yang ditampilkan.
  2.  Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan.
  3. 3. Perhatikan apakah anak memahami tugas yang disampaikan dalam tayangan.
  4. 4. Pandulah anak untuk mengerjakan tugas tersebut.
  5. 5. Berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut.
Program Tayang Untuk Kelas 1 - 3 SD dan Sederajat

Senin, 27 April 2020
Sahabat Pelangi: Untuk Guruku Tersayang

Kompetensi Literasi: (1) Mengekspresikan gagasan secara lisan; (2) menulis beberapa kalimat dan menyuntingnya

Pertanyaan:

  1. Mengapa layangan Wayan tidak bisa terbang dengan baik?
  2. Selain foto bersama yang dipigura, hadiah apa yang ingin kamu berikan kepada Bu Ajeng agar selalu diingat?
  3. Tuliskan langkah-langkah membuat album foto yang kamu lihat pada cerita tadi!


Selasa, 28 April 2020
Gemar Matematika bersama Pak Ridwan: Meloncat dan Mengurut Bilangan

Kompetensi Numerasi: (1) Mengidentifikasi, menduplikasi, dan memperluas pola bilangan; (2) menyelesaikan masalah berkaitan dengan nilai tempat

Pertanyaan:

  1. Nisa bermain loncat angka. Dia mulai berdiri di angka 1. Berikutnya, Nisa meloncat sebanyak satu kali dan ia berada di angka 4. Jika Nisa berada pada angka 1 dan ia melompat sebanyak tiga kali, di angka berapakah Nisa berada?
  2. Arya memiliki bilangan 315, sedangkan Jamal memiliki bilangan 513. Apabila angka 3 pada kedua bilangan milik Arya dan Jamal dijumlah, hasil yang akan diperoleh adalah ....
  3. Andi akan membuat bilangan ratusan dari angka 0, 2, dan 5.

         a.Berapa banyak bilangan ratusan yang dapat dibuat Andi?
         b.Urutkan bilangan tersebut dari yang terkecil!


Rabu, 29 April 2020
Lagu dan Pakaian Adat: Aceh, Kalimantan, dan NTT
Kompetensi Literasi: (1) Menuliskan beberapa kalimat dan menyuntingnya; (2) memahami kata-kata baru yang dibicarakan dengan bantuan gambar

Indonesia memiliki lebih dari 1.000 suku bangsa, yang masing-masing memiliki bahasa dan kebudayaannya sendiri. Yuk, kita kenali lagu daerah dan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia, yaitu Aceh, Kalimantan Selatan, dan Nusa Tenggara Timur.

Pertanyaan:
  1. Tuliskan 3 kata dari daerah Aceh dalam lagu Bungong Jeumpa. Tuliskan juga artinya dalam bahasa Indonesia.
  2. Tuliskan 3 hal yang khas dari daerah Kalimantan Selatan yang sudah kamu lihat di tayangan tadi!
  3. Tuliskan cerita singkat tentang kekhasan daerah asalmu. Minimal terdiri dari 8 kalimat.
Kamis, 30 April 2020
Khan Academy: Hari, Bulan, dan Jam
Kompetensi Numerasi: (1) Mengenal nama-nama hari dan bulan; (2) membaca waktu jam berlabel; (3) membaca jam dalam 24 jam; (4) mengukur lama suatu kegiatan dalam satuan jam

Pertanyaan:

  1. 1. Rania menginap di rumah Nenek selama 3 hari. Rania mulai menginap pada hari Kamis. Pada hari apa Rania akan kembali ke rumah?
  2. Tunjukkan dengan gambar pukul 07.00, pukul 08.15, dan pukul 21.30

      3. Aria belajar dari pukul 7.30 sampai dengan pukul 9.00. Berapa lama Aria belajar?

Jumat, 1 Mei 2020 (Libur)

Dongeng Anak: Pani si Kelelawar dan Cerita si Kancil