Pengertian Drama Menurut Ahli

Pengertian Drama Menurut Ahli

drama

Pada artikel kali ini anakbelajar.id akan membahas tentang pengertian drama menurut ahli. Dr. Henry Guntur Taringan dalam bukunya Prinsip- prinsip Dasar Sastra mengemukakan bahwa” kata drama berasal dari kata Greek yaitu draomai yang artinya sesuatu yang telah diperbuat. Tegasnya dari kata dran yang berarti ‘ berbuat, to act atau to do’ (Tarigan, 1984:73)
Untuk melengkapi batasan di atas, dibawah ini ada lagi beberapa batasan drama yan dikemukakan para ahli, diantaranya sebagai berikut:
a.Drama ialah suatu karangan dalam prosa atau puisi yang menyajikan dalam dialog atau pantomim suatu cerita yang mengandung konflik atau kontras seorang tokoh. Terutama sekali suaut cerita yang diperuntukkan buat dipentaskan di atas panggung; suatu lakon (Barnhart dalam Tarigan, 1984; 70)
b.Drama adalah cerita yang unik. Ia bukan dibaca saja, melainkan untuk dipertunjukkan sebagai tontonan. Dan sebagai tontonan, ia adalah kesenian ephemeral,artinya bermula pada suatu malam dan berakhir pada malam yang sama (Tambayong, 1981; 15)
c.Drama itu suatu karangan dalam bentuk prosa atau puisi yang mematut kehidupan atau tokoh dengan bantuan dialog atau gerak dan yang direncanakan bagi pertunjukkan teater, suatu lakon (Webster dalam Tarigan, 1984: 70)
Setelah mendapat beberapa batasan mengenai drama seperti apa yang diutarakan di atas. Oleh karena itu, kita dapat menarik kesimpulan, yaitu: drama adalah jenis sastra yang berupa lakon yang ditulis dengan dialog yang memperhatikan unsur-unsur dengan gerak atau perbuatan yang akan dipentaskan di atas panggung.

Demikian artikel pengertian Drama menurut ahli, semoga bisa bermanfaat.