Soal Cerita tentang Jarak dan cara penyelesaiannya

Soal Cerita tentang Jarak dan cara penyelesaiannya

soal cerita jarak dan cara menyelesaikannya
Salah satu materi matematika yang sering diajarkan di tingkat sekolah dasar mengenai jarak, waktu dan kecepatan. Ketiganya saling berkaitan, namun pada kali ini anakbelajar.id akan membahasa tentang cara menyelesaikan soal cerita tentang jarak, karena soal cerita yang berhubungan dengan waktu sudah diposting pada postingan sebelumnya.

baca juga: tips menyelesaiakn soal cerita tentang waktu

soal cerita tentang jarak dan kecepatan biaasanya soal cerita yang diajarkan di tingkat sekolah dasar kelas 4 dan 5. Soal cerita tentang jarak juga acap kali muncul dalam soal ujian sekolah (US) tingkat nasional kelas 6 SD atau yang biasa kita dengar ujian nasional (UN) kelas 6 SD.
kita langsung saja membahas soal cerita tentang jarak. Berikut contoh soalnya:
1.Sebuah kendaraan roda empat melaju dari kota A dengan kecepatan 80 km/jam berapa jarak yang ditempuh selama 3 jam 30 menit.
Untuk menyelesaikannya yaitu :
Diktehui :
 - Kecepatan = 80 km/jam
 - Waktu     = 3 jam 30 menit (3 ½ jam)
Ditanya :
-  Berapa jarak yang ditempuh?
Jawab :
Jarak     = waktu  x kecepatan
          = 3 ½  jam x 80 km/jam
  = 280 km
Jadi jarak yang ditempuh kendaraan adalah 280 km

Untuk melatih kemampuan dalam soal cerita tentang jarak, berikut ini anakbelajar.id akan memberikan contoh soal yang lain dan bisa dikerjakan, selamat mengerjakan:

  1.  Rendi mengendarai mobil dengan kecepatan 90 km./jam selam 5 jam. Berpa km jarak yang ditempuh oleh Rendi ?
  2. Nanda mengendarai mobil dari Ciamis ke Bandung pukul 8.20. kecepatan rata-rata 60 km/jam. Di perjalanan, dia istirahat 2 kali masing-masing 15 menit. Nanda tiba di Bandung pukul 11.30. berapa km jarak Ciamis ke Bandung ?
  3. Sebuah kendaraan sudah berjalan 2 jam 15 menit dengna kecepatan 80 km/jam. Berapa kilometer jarak yang sudah ditempuh keindaraan tersebut?

Demikian beberapa contoh soal dan cara menyelesaikan soal serta contoh soal latihan yang berhubungan dengan jarak. Semoga soal cerita dan cara penyelesaiannya bisa menambah pengetahuan putra-putri kita terutama dalam mempersiapkan ulangan akhir atau ujian akhir di sekolahnya.
Semoga bermanfaat. Silahkan share jika tulisan ini bermanfaat.