Penggolongan Hewan Berdasarkan Persamaan Cirinya (Materi Pelajaran IPA SD)

Penggolongan Hewan Berdasarkan Persamaan Cirinya (Materi Pelajaran IPA SD)

Salah satu materi pelajaran ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau Sains yang diajarkan di tingkat Sekolah Dasar (SD) ataupun Madrasah Ibtidaiyyah (MI) adalah materi pelajaran tentang penggolongan hewan. Anakbelajar.Id pada kesempatan kali ini akan merangkum materi pembelajaran IPA tentang penggolongan hewan secara sederhana. Penggolongan hewan pada artikel kali ini berdasarkan persamaan ciri-cirinya.
Penggolongan hewan berdasarkan ciri-cirinya bisa kita kelompokkan berdasarkan tempat hidup, makanannya, cara berkembang biak dan ciri tubuhnya. Adapun penjelasannya sebagai berikut :
1. Penggolongan hewan berdasarkan tempat hidupnya
Penggolongan hewan berdasarkan tempat hidupnya dapat digolongkan menjadi hewan darat, hewan  dan hewan ampibi.

  • Hewan darat adalah hewan-hewan yang hidupnya atau tempat tinggal di darat. Contoh hewan darat : kerbau, kijang, rusa, ayam, anjing, kucing, sapi, dan masih banyak lagi.
  • Hewan air adalah hewan yang tempat tinggalnya atau hidupnya di air. Contoh dari hewan air adalah segala jenis ikan.
  • Hewan yang hidup di air dan di darat. Contoh hewan ampibi ini adalah buaya, salamander, dan katak.

penggolongan hewan berdasarkan cirinya materi ipa sd

2. Penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya
Makanan hewan sangat beragam ada yang daun, biji-bijian dan ada juga yang memakan daging. Oleh karena itu, penggolongan hewan berdasarkan jenis makananya bisa digolongkan menjadi herbivora, karnivora dan omnivora.  Untuk contoh dan ciri-ciri hewan herbivora, karnviora dan omnivore bisa kilik link  ini .
Baca juga : Penggolongan hewan Berdasarkan jenis Makanannya

3. Penggolongan hewan berdasarkan cara berkembang biak
Penggolongan hewan berdasarkan cara berkembang biakannya bisa digolongkan menjadi ovivar (hewan bertelur), vivipar (hewan melahirkan atau beranak), dan ovovivipar (hewan bertelur dan beranak). Untuk contoh dan ciri hewan ovipar, vivipara dan ovovivipar bisa kilik link dibawah ini:

Baca Juga : Penggolongan hewan berdasarkan Cara Berkembang biaknya

4. Penggolongan hewan berdasarkan klasifikasi
Penggolongan hewan berdasarkan klasifikasi digolongkan atas Aves (burung), Mamalia (Hewan menyusui), reptilia (hewan melata) dan Pisces (Ikan).

  • Kelompok Aves (burung). Kelompok hewan ini memiliki ciri tubuh berbulu, memiliki paruh, bernapas menggunakan paru-paru, sebagian aves (burung) dibantu dengan pund-pundi udara dan bertelur. Contoh kelompok hewan aves yaitu : bebek, burung, burung elang, ayam
  • Reptilia (hewan melata). Hewan yang masuk kategori hewan melata memiliki ciri tubuh  bersisik, berdarah dingin, bertelur dan  bernapas dengan paru-paru contoh hewan yang masuk kategori reptilia adalah : kadal, ular dan buaya
  • Ampibi (hewan menyusui). Kelompok hewan yang masuk kategori ampibi memiliki ciri tubuh kulitnya licin dan lembap, bernapas dengan paru-paru insang atau kulit, hidup di dua alam dan bermetamorfosis. Contoh hewan ampibi adalah katak
  • Pisces (ikan), kelompok hewan yang masuk dalam kategori pisces adalah hewan-hewan yang memiliki ciri tubuh bersisik, bernapas dengan insang dan bertelur. Contoh hewan yang masuk dalam pisces adalah iakan mas, hiu, gurami

 Demikian artikel tentang penggolongan hewan berdasarkan persamaan ciri-cirinya yang dimiliki oleh hewan tersebut. Semoga bermanfaat.