Penggolongan Hewan Berdasarkan Makanannya

Penggolongan Hewan Berdasarkan Makanannya

Setiap makhluk hidup membutuhkan makan, termasuk hewan membutuhkan makan untuk keberlangsungan hidupnya. Makanan hewan sangat beragam ada yang berasal dari tumbuhan seperti biji-bijian, daun dan ada juga yang memakan daging.
Penggolongan tentang hewan hewan berdasarkan makanannya merupakan salah satu materi pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) atau sains yang kerap kali diajarkan kepada siswa-siswi sekolah dasar.  Oleh karena itu, AnakBelajar.Id membuat ringkasan tentang penggolongan hewan berdasarkan makanannya. Penggolongan hewan berdasarkan makanannya dapat digolongkan menjadi herbivora ( memakan tumbuhan ) , karnivora ( memakan hewan lain ) dan omnivore ( memakan tumbuhan dan hewan lain ), berikut ini penjelasan tentang herbivora, karnivora dan omnivore:

  • Hewan Herbivora adalah kelompok hewan yang makanannya berasal dari tumbuh-tumbuhan atau makanannya tumbuh-tumbuhan. Ciri hewan herbivora ini memiliki gigi geraham yang yang besar juga bergerigi, gigi seri dan gigi taring yang cenderung rata. Contoh hewan herbivora adalah kelinci, kerbau, kambing, kuda, gajah.
  • Hewan Karnivora merupakan kelompok hewan yang makanannya berupa hewan lain. Ciri – ciri hewan karnivora  yaitu memiliki bentuk tubuh yang sesuai untuk berburu dan memakan daging, memiliki gigi yang kuat dan tajam untuk berburu, menerkam, mencengkeram, dan memakan mangsanya Hewan karnovora  memiliki gigi taring dan gigi geraham yang besar dan tajam untuk mengoyak mangsanya. Selain itu, hewan ini juga memiliki cakar yang besar dan tajam. Pada burung pemangsa, memiliki paruh yang besar, melengkung dan tajam. Contoh karnivora adalah singa, serigala, burung hantu, macan tutul, ikan hiu, harimau.
  • Hewan Omnivora adalah kelompok hewan yang makanannya bisa tumbuhan maupun hewan. Mereka memakan segala, mulai dari dedaunan, daging, buah-buahan, serangga, dan lain-lain. Ciri hewan omnivore yaitu memiliki gigi seri besar dengan dasar rata, gigi taringnya cukup tajam untuk mengoyak daging, dan gigi gerahamnya besar dan bergerigi. Contoh jenis hewan herbivora adalah ayam, monyet,tikus tupai

penggolongan hewan

Demikain artikel tentang penggolongan hewan berdasarkan makanannya semoga bisa bermanfaat dan dapat digunakan untuk belajar siswa-siswi di sekolah dasar.