Wisata ke Pulau Tidung, Yuk !

Wisata ke Pulau Tidung, Yuk !

Berlibur sangat dibutuhkan oleh kita dan keluarga untuk menghilangkan penat setelah beberapa hari kerja. Salah satu tempat berlibur yang bisa kita datangi untuk wisata adalah pulau Tidung.

Pulau Tidung adalah salah satu pulau yang masuk di wilayah administarasi Kepulauan Seribu. Pulau Tidung merupakan salah satu pulau yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Untuk menikmati keindahan Pulau Tidung kita bisa melakukan perjalanan menggunakan kapal laut yang ada di dermaga Muara Angke.

Dalam perjalanan menuju Pulau Tidung, kita bisa menikmati suasana lautan yang indah dengan angin laut yang sejuk. Selain itu, kita juga bisa melihat beberapa kapal laut yang ikut berlayar menuju beberapa pulau yang ada di kepulauan seribu dan perahu nelayan yang sedang mencari ikan di laut.

pemandangan di dermaga pulau tidung
Pemandangan di Dermaga Pulau Tidung
Sesampainya di dermaga Pulau Tidung, kita akan disambut dengan birunya air laut serta beberapa kapal laut yang sudah merapat di dermaga Pulau Tidung. Setelah kapal laut merapat di dermaga, kita bisa turun dari kapal laut. Keluar dari Peron dermaga Pulau Tidung, kita akan ditawari penginapan oleh warga sekitar. Apabila ditawari tempat penginapan (homestay) sebaiknya melihat terlebih dahulu tempat penginapan tersebut, sebelum kita menginap. Hal ini dilakukan agar kita bisa lebih nyaman ketika menginap. Jika kita kurang nyaman dengan tempat penginapan yang ditawarkan oleh orang yang ada di dermaga Pulau Tidung, kita bisa mencari tempat penginapan yang sesuai dengan yang kita harapkan, karena di Pulau Tidung banyak sekali terdapat penginapan (homestay).

Untuk menikmati keindahan alam laut di Pulau Tidung, kita bisa menggunakan sepeda yang sudah tersedia di tempat penginapan yang anda tempati. kita bisa bersepeda bersama keluarga untuk mengelilingi Pulau tidung. Selain sepeda ada juga kendaraaan becak motor yang bisa kita tumpangi untuk mengelilingi Pulau Tidung, namun untuk menggunakan becak motor, kita harus mengeluarkan tambahan dana untuk mengelilingi Pulau Tidung. Walaupun mengerluarkan tambahan dana untuk sewa becak motor ini tidak terlau mahal dan masih terjangkau oleh kita. Biaya sewa untuk keliling Pulau Tidung menggunakan becak motor sebesar Rp. 20.000,-

Di Pulau Tidung anda bisa menikmati pemandangan air laut yang biru serta jenih. Kejernihan air laut Pulau Tidung membuat Anda bisa melihat beberapa jenis ikan dan terumbu karang yang ada di bawah laut. Anda juga bisa snorkling  untuk melihat panorama keindahan bawah laut secara langsung.

Selain panorama alam yang sangat indah, di Pulau Tidung juga terdapat wahana air. Wahana air ini memfasilitasi anda untuk bermain di air laut yang jernih. Wahana air yang tersedia yaitu, cano (perahu), banana boat, jetsky, hantu air dan masih banyak lagi. Biaya sewa masing-masing wahana air berbeda, dengan harga sewa tidak terlalu mahal dan masih bisa terjangkau oleh Anda. Setelah kita bermain wahana air, saatnya kita menikmati beragam kuliner yang ada di Pulau Tidung.  Di Pulau Tidung terdapat beragam kuliner seperti bakso, makanan seafood, makanan instan, makanan khas Pulau Tidung. Selain makanan ada juga beragam jenis minuman malai dari minuman air mineral sampai Jus.
gerbang jembatan cinta pulau tidung

Setelah kita menikmati beragam wahana yang ada di Pulau Tidung, saatnya kita membeli oleh-oleh khas Pulau Tidung. Di Pulau Tidung banyak terdapat cideramata dan makanan khas Pulau Tidung yang bisa kita bawa pulang untuk oleh – oleh atau buah tangan bagi keluarga. Di Pulau Tidung banyak pedagang yang menjual aneka pernak-pernik khas Pulau Tidung, seperti kaos bertuliskan Pulau Tidung, gantungan kunci, hiasan rumah, topi dan masih banyak lagi. Selain pernak- Pernik di Pulau Tidung juga banyak terdapat makanan khas seperti dodol rumput laut, kerupuk ikan, asinan rumput laut dan masih banyak lagi yang bisa dijadikan oleh-oleh bagi keluarga kita yang ada di rumah.

Setelah kita jalan- jalan di sekitar pulau Tidung, saatnya kita kembali ke tempat penginapan. Untuk mempersiapkan diri melihat matahari tenggelam dari Tanjung Barat. Setelah melihat matahari tenggelam aktivitas yang bisa kita lakukan di malam hari di Pulau Tidung adalah bakar ikan ataupun cumi-cumi. Karena bakar ikan di sisi pantai suasanannya sangat indah dan kita bisa saling bercerita pengalaman dengan keluarga kita atau teman kita ketika menikmati aktivitas tadi siang di Pulau Tidung, sebelum kita dan keluarga tidur malam.

Demikian artikel tentang wisata ke Pulau Tidung. Saran saya, sempatkanlah anda untuk berkunjung ke Pulau Tidung, untuk menikmati pesona birunya air laut dan indahnya pemandangan di Pulau Tidung.