Satuan panjang dan contoh soal latihannya

Satuan panjang dan contoh soal latihannya

Alhamdulillah kali ini anakbelajar.id bisa membuat postingan lagi. Kali ini anakbelajar.id akan membahas tentang satuan panjang. Satuan panjang merupakan salah satu materi pelajaran yang diajarkan di tingkat sekolah dasar (SD). Satuan panjang ini biasanya digunakan untuk mengukur panjang seuatu benda. Satuan panjang terdiri dari kilometer (km), hektometer (hm), dekamater (dam), meter (m), desimeter (dm), sentimeter (cm) dan millimeter (mm).

Merubah satuan ke satuan lainnya
Untuk merubah salah satu satuan panjang ke satuan panjang lainnnya dengan cara mengalikan dengan angka 10 jika satuan tersebut tingkatannya lebih bawah dan membaginya dengan angka 10 jika merubah satuan tersebut ke satuan yang lebih tinggi atau atas. Untuk lebih memahami perhatikan gambar berikut:

soal latihan satuan panjang


Dari gambar tersebut terlihat tangga satuan panjang. Jika turun satu tingkat dikali dengan angka 10 (sepuluh) namun jika naik satu tangga dibagi dengan 10 (sepuluh). Untuk mempermudah perhatikan contoh berikut :

  1.  Pak Angga mempunyai kolam ikan dengan lebar 200 cm, berapa meter-kah lebar kolam pak Angga ?

Untuk menyelesaikan soal latihan tersebut perhatikan apa yang ditanyakan, yang ditanyakan adalah lebar kolam ikan dalam satuan meter, sedangkan dalam soal lebar kolam ikan di satuan sentimeter (cm)

  • Lembar kolam ikan = 200 cm 
  • 200 cm =……m
  • Coba kita lihat pada gambar satuan panjang untuk satuan sentimeter (cm) ke satuan meter (m) itu naik ataukah turun?. Dari gambar terlihat bahwa sentimeter (cm) ke meter itu naik 2 tingkat. Jadi 
  • 200 cm =  200 : 10 : 10 m
  • 2 meter
  • Jadi lebar kola mikan pak Angga adalah 2 meter

Agar lebih paham tentang satuan panjang selahkan kerjakan soal berikut:

  1. Setiap hari Kekey berangkat sekolah naik mobil. Jarak rumah Kekey ke sekolah 4 km. Berapa m jarak rumah Irma ke sekolah ?
  2. Yoga mempunyai tali pramuka yang panjangnya 70 cm. Berapa mm panjang tali pramuka Iwan?
  3. Aan mempunyai tongkat yang panjangnya 60 dm Berapa dam panjang tongkat Aan?