Satuan Kuantitas dan contoh soal cerita pada Matematika SD

Satuan Kuantitas dan contoh soal cerita pada Matematika SD

satuan jumlah
Pada postingan sebelumnya anakbelajar.id telah membahas tentang satuan waktu dan soal pemecahan masalah yang terkait dengan satuan waktu. Pada kali ini anakbelajar.id akan membahas tentang satuan kuantitas dan contoh soal cerita yang berhubungan dengan satuan kuantitas pada matematika di sekolah dasar.
 Satuan kuantitas merupakan satuan yang menyatakan ukuran jumlah suatu barang atau benda. Satuan kuantitas ini sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kita pernah mendengar kata-kata lusin, gros, kodi ataupun rim dalam kehidupan. Bagi yang sudah biasa menggunakan kata-kata lusin, gros, kodi dan rim mungkin sudah tidak aneh dengan banyaknya benda ketika kita menggunakan kata tersebut. Namun bagi bagi putra-putri kita yang masih sekolah dasar mungkin hal ini baru bagi mereka, oleh karena itu mari kita bersama-sama membahas dan mempelajari tentang satuan kuantitas ini.
Satuan kuantitas terdiri terdiri dari;

 • 1 lusin = 12 buah
 • 1 kodi = 20 buah
 • 1 gros = 12 lusin
 • 1 gros = 144 buah
 • 1 rim = 500 lembar (biasanya dipakai untuk satuan kertas).

Bagaimana contoh soal cerita yang berhubungan dengan satuan kuantitas ?

Berikut ini merupakan soal cerita yang terkait dengan satuan kuantitas :


  1. Bu Ria memiliki piring 4 lusin. Bu Ria membeli piring lagi sebanyak 6 buah. Berapa banyak piring yang dimiliki Bu Ria?
  2. Menjelang hari raya, Pak Aryo membeli 3 kodi baju,kemudian membeli lagi 5 lusin baju. Berapa buah baju yang dibeli Pak Sastro semuanya?
  3. Pak Roni membeli 9 lusin pensil. Pensil-pensil tersebut dimasukkan ke dalam kantung plastik. Jika setiap kantung plastik berisi 4 pensil, berapa kantung plastik yang diperlukan Pak Roni?
  4. Pak Wahyu membeli 3 rim kertas. Ternyata yang terpakai hanya 400 lembar. Berapa lembar sisa kertas Pak Wahyu?
  5. Di sebuah tempat penyewaan peralatan pesta terdapat 6 gros piring. Sebanyak 4 lusin dipinjam oleh Bu Ifa dan sebanyak 2 gros dipinjam oleh Bu Diva. Berapa buah piring yang ada di tempat penyewaan itu sekarang?


Demikian postingan tentang satuan kuantitas dan contoh soal cerita pada matematika di sekolah dasar. Semoga bermanfaat.
Jika postingan ini bermanfaat, silahkan share ke yang lain.
Terima kasih