Cara Memperkecil Ukuran File Video di Android

Cara Memperkecil Ukuran File Video di Android

Kita sering mendokumentasikan aktivitas ataupun kegitan yang kita lakukan dalam bentuk video. Mendokumentasikan aktivitas dengan video sangat kita perlukan agar kita lebih mudah mengingat aktivitas ataupun acara yang telah kita lakukan. Apalagi acara tersebut sangat bagus dan kita butuh untuk menyimpannya bahkan membagikan ke khalayak umum atau publik.

Mendokumentasikan kegiatan dalam bentuk video sangat mudah kita lakukan, apalagi dengan adanya kemajuan teknologi smartphone. Kemajuan teknologi smartphone mempermudah orang untuk mendokumentasikan bahkan membagikan aktivitas yang sedang mereka lakukan.

Namun perlu kita sadari juga dalam mendokumentasikan kegiatan dalam bentuk video adalah besar file video yang kita rekam. Rekaman dalam bentuk video banyak membutuhkan memori dalam smartphone. Saya pernah merekam suatu acara yang dilakukan anak-anak dalam bentuk video dengan menggunakan smartphone yang ada. Ketika itu, saya asyik saja merekam acara, durasi rekaman tidak terlalu lama hanya 23 menit, namun ketika dicek di memori rekaman tersebut besar filenya mencapai 3 giga byte (3 g), padahal aktivitas yang kami lakukan masih banyak dan perlu didokumentasikan pula, akhirnya saya pun berpikir bagaimana  caranya untuk mengurangi besar file video tersebut, sehingga bisa digunakan untuk mendokumentasikan acara selanjutnya.
Saya langsung mencari aplikasi di play store, dengan kata kunci (keyword) compress video. Setelah dicari muncul beberapa aplikasi compress video, salah satunya adalah aplikasi video compress dari mel studio app. Saya informasi detail tentang aplikasi tersebut, setelah mempelajari secara singkat, saya memutuskan untuk menginstall aplikasi tersebut di smartphone saya.
cara memperkecil memori video di android

Penggunaan aplikasi compress
File video yang banyak menghabiskan memori smartphone akan mengurangi kinerja smartphone lantas bagaimana cara mengatasinya.
Berikut ini salah satu cara untuk mengurangi memori file video yang kita punya dengan menggunakan aplikasi compress video.Dalam menggunakan aplikasi ini sangat mudah, berikut ini tahapan ataupun cara menggunakan aplikasi ini:
1. Install aplikasi di smartphone anda. untuk memasang aplikasi compress video bisa mengunjungi play store atau klik link bisa klik langsung link compress video
2. Buka aplikasi compress video, setelah dibuka akan muncul tampilan berikut ini !
3. Langkah selanjutnya adalah memilih folder video yang akan kita compress atau perkecil. Sebagai contoh, karena saya ingin memperkecil file video yang dari camera, maka saya folder camera. Setelah folder camera dipilih maka akan muncul beberapa video yang ada di folder camera.

langkah perkecil video di smartphone

4. Pilih salah satu video yang akan kita perkecil. Saya ambil contoh video rekaman yang tertanggal 30 oktober dengan besar file 128,7 Mb. Dalam aplikasi compress video ini fiel video diklasifikasikan atau dikategorikan berdasarkan tanggal pembuatan ataupun video yang masuk pada smartphone kita.


5. Setelah video dipilih akan muncul pilihan yaitu compress video, cut and compress video, rotate video, share video,extract mp3 dan delete (hapus). Karena kita ingin memperkecil video maka kita pilih compress video.
compress video di smartphone

6. Setelah kita pilih compress video maka akan muncul beberapa pilihan besar file atau persentasi video yang kita ingin perkecil memorinya. Saya ambil contoh dari file video 128,7 mb yang saya pilih ingin diperkecil menjadi ukuran 58,2 mb. Klik pada pilihan tersebut. Tunggu hingga proses memperkecil video selesai dilakukan.


7. Jika sudah selesai kita bisa cek besar file video tersebut secara langsung di folder compress video anda ataupun menggunakan aplikasi compress video dengan melakukan langkah pada nomor 3 (tiga) diatas. Sebagai contoh perhatikan gambar dibawah ini hasil compress video dari 128, 7 Mb menjadi 57,7 mb.


Demikian langkah ataupun cara memperkecil file video dari android atau smartphone, semoga bisa bermanfaat. (by.nurholis_anakbelajar.id)