Pengertian Adaptasi dan Macamnya - Anak Belajar

Halaman

    Social Items

Pengertian Adaptasi dan Macamnya

Suatu organisme yang mampu mempertahankan hidupnya dan kelestarian jenisnya, umumnya akan terus menetap pada tempat tersebut, berarti organisme tersebut mampu beradaptasi dengan lingkungannya, dan bagi organisme yang tidak mampu beradaptasi terhadap lingkungannnya akan mati sehingga dapat mengakibatkan kepunahan.
Dari teks diatas ada kata adaptasi. Apa arti atau pengertian adaptasi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata adaptasi berarti penyesuaian diri dengan lingkungan, pekerjaan,

Adaptasi bisa juga diartikan sebagai kemampuan organisme untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan tempat hidupnya yang memungkinkan tetap hidup dan berkembang biak di lingkungan alamiah.

Adaptasi terlihat dari adanya perubahan bentuk tubuh luar atau dalam organisme sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan tempat hidupnya. Perubahan bentuk tubuh organisme bersifat tetap dan khas untuk setiap jenis, sehingga dapat diwariskan kepada keturunannya. Selain itu habitat organisme sangat beragam, sehingga bentuk adaptasi yang ada menjadi beraneka ragam.

Macam-macam adaptasi
Berdasarkan perubahan-perubahan yang terjadi adaptasi dibedakan menjadi tiga macam, yaitu adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi dan adaptasi tingkah laku.
1.Adaptasi morfologi
Adaptasi morfologi merupakan suatu penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungannya dan berkaitan dengan bentuk dan struktur organ tubuh yang tampak dari luar dan mudah diamati, sehingga adaptasi tersebut paling mudah dikenal dan ditemukan.
Contohnya, kaki berselaput pada bebek
Baca juga : Ciri khusus pada hewan

2.Adaptasi fisiologi
Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian fungsi fisiologi alat-alat atau organ- organ tubuh terhadap lingkungannya. Contohnya, bunga rafesia mengeluarkan enzim untuk menarik serangga.

3.Adaptasi tingkah laku
Adaptasi tingkah laku adalah cara penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungannya melalui tingkah laku.Contohnya, cecak memutuskan ekornya saat ditangkap musuh.


Demikian pengertian adaptasi dan macam-macam adaptasi semoga bisa bermanfaat.