Ciri- ciri khusus Pada Hewan

Ciri- ciri khusus Pada Hewan

Tiap makhluk hidup telah dibekali kemampuan untuk beradaptasi oleh Allah. Kemampuan beradaptasi berguna untuk mempertahankan hidupnya. Cara beradaptasi setiap makhluk hidup satu sama lain berbeda. Ada yang beradaptasi
secara morfologis, fisiologis, dan tingkah laku. Ciri khusus makhluk hidup sangat berhubungan dengan cara adaptasi mereka.
Baca juga : tentang adaptasi
Setiap hewan mempunyai ciri khusus yang membedakan satu dengan yang lainnya. Ciri khusus pada hewan berhubungan dengan adaptasi mereka terhadap lingkungannya apa sajakah ciri hewan yang memiliki ciri khusus. Berikut ini contoh beberapa hewan yang memiliki ciri khusus :

  1. Cumi- cumi memiliki cairan hitam seperti tinta untuk mempertahankan diri dari pemangsanya,
  2. Unta memiliki punuk dibagian atas tubuhnya yang berisi lemak. Lemak tersebut digunakan sebagai sumber energi apabila unta tidak menemukan persediaan makanan dan minuman dalam beberapa hari
  3. Bebek memiliki kaki berselaput. Pada kaki bebek setiap jarinya dihubungkan dengan selaput yang memudahkan bebek untuk berenang. Selain bebek, kaki berselaput juga dimiliki angsa.
  4. Bunglon mempunyai kemampuan untuk mengubah warna kulit sesuai dengan tempat yang disinggahinya. Ketika bunglon berada Ketika berada di atas pohon, kulit bunglon berubah menjadi hijau menyerupai daun. Perubahan tersebut bertujuan untuk melindungi dirinya dari serangan musuh. Kemampuan bunglon mengubah warna kulit sesuai dengan tempatnya berada disebut mimikri. Selain itu, bunglon juga memiliki lidah yang Panjang dan lengket memudahkan bunglon untuk menangkap mangsanya
    ciri khusus hewan
  5. Cicak dapat memutuskan ekornya (autonomi) untuk mengelabui musuh dan memiliki perekat di telapak kaki untuk merayap didinding mencari mangsa.
  6. Kelelawar memiliki kemampua ekolokasi atau mendeteksi mangsa dari pancaran bunyi hal ini bermanfaat untuk mencari mangsa dan menghindari musuh.
  7. Katak bisa melakukan kamuflase (penyamaran)agar seolah tubuhnya beracun adalah trik untuk menghindar dari predator atau pemangsa. 
  8. Landak, hewan ini memiliki bulu keras di bagian atas tubuhnya. Bulu landak mengandung ribuan duri yang dihasilkan dari otot- otot kulit. Duri tersebut merupakan alat pertahanan mereka.
  9. Buruang kutub. Hewan ini memiliki lapisan lemak yang tebal dan rambut yang lebat untuk bertahan di suhu dingin. 
  10. Ular memiliki rahang yang melekat secara longgar. Susunan rahangnya melekat secara longgar dengan susunan tulang pada rangka kepala. Susunan rahang yang seperti ini memungkinkan ular menelan mangsa yang lebih besar dari dirinya sendiri. Selain itu ular juga memiliki cairan pencerna yang mampu menghancurkan makanan. 

Itulah beberapa contoh ciri-ciri khusus pada hewan. Masih banyak ciri khusus yang dimiliki oleh hewan yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel tentang ciri- ciri khusus pada hewan bisa bermanfaat.