Mengobati Sakit Mata dengan Tanaman Kitolod

Mengobati Sakit Mata dengan Tanaman Kitolod

Banyak tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit yang kita derita. Salah satunya adalah tanaman kitolod. Tanaman kitolod merupakan salah satu tanaman yang banyak dijumpai di semak-semak, di tepi sungai, pematang sawah. Jika kita melihat sekilas tanaman ini terlihat biasa sebagaimana rumput yang tumbuh di pelataran rumah. Namun tamanan kitolod ini memiliki manfaat untuk mengobati sakit mata.

 Ciri-ciri tanaman kitolod yaitu; daun memanjang, mempunyai bunga berwarna putih, akar tanaman ini serabut. Tanaman kitolod akan tumbuh subur di tanah yang agak lembab. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar tamanan kitolod yang saya fhoto dari halaman rumah saya.


daun kitolod
Bagaimana caranya tamanan kitolod bisa digunakan untuk mengobati sakit mata?
Penggunaan tamanan kitolod untuk mengobati mata sangat mudah. Caranya sebagai berikut:

  1. Ambil dua helai daun atau bunga tanaman kitolod 
  2. Cuci bersih daun atau  bunga yang sudah kita ambil
  3. Masukkan tamanan kitolod yang sudah dicuci ke dalam wadah baik piring, mangkok atau gelas pembersih mata ( gelas pembersih mata atau gelas mata yang digunakan untuk membersihkan mata dan banyak dijual di apotek ataupun toko online)
  4. Setelah daun atau bunga kitolod dimasukkan ke dalam wadah, tuangkan air panas secukupnya ke dalam wadah yang sudah terdapat daun atau bunga kitolod. Diamkan selama beberapa menit atau sampai air sudah tidak teras panasnya. 
  5. Setelah air dalam wadah sudah dingin, teteskan air tersebut pada mata kita. Untuk meneteskannya anda bisa menggunakan pipet, atau bisa langsung jika anda menggunakan wadah gelas mata.
  6. Ketika air dalam wadah diteteskan ke mata, mata kita akan terasa perih. Selain perih mata kita juga akan merah.  Apa yang harus kita lakukan?  Tidak usah takut anda tetap tenang dan usahakan kita tidak menggosok mata kita. Biarkan sejenak agar reaksi obat dari tanaman kitolod bisa lebih cepat berkerja. Untuk mata yang mereh karena kita meneteskan air  tersebut lambat laun akan hilang sendiri. 
  7. Hal yang paling penting dalam berobat adalah berdoa kepada Allah SWT agar kita diberi kesembuhan.

Selamat mencoba