Gangguan dan Penyakit Pada Peredaran Darah Manusia- Tematik tema 4 kelas 5 SD

Gangguan dan Penyakit Pada Peredaran Darah Manusia- Tematik tema 4 kelas 5 SD

gangguan peredaran darah manusia

 

Sistem peredaran darah manusia dapat mengalami kelainan/ gangguan. Beberapa gangguan dan penyakit pada peredaran darah, yaitu:

1.Anemia

Anemia terjadi karena kekurangan sel-sel darah atau cairan darah. Penyebab anemia, antara lain:

  • Pendarahan di dalam maupun di luar tubuh. Pendarahan ini mengakibatkan kekurangan cairan darah.
  • Kekurangan vitamin B12 dan zat besi, sehingga mengakibatkan kekurangan sel-sel darah.


Gejala-gejala anemia, antara lain tubuh terasa lemah, mudah lelah, mata berkunang-kunang, dan mudah kesemutan.


Bagaimana cara mengatasi anemia?

Anemia yang tidak parah disarankan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan vitamin B12. Adapun anemia yang parah dibantu dengan transfusi darah.


2.Hipertensi

Hipertensi adalah penyakit di mana tekanan darah seseorang melebihi normal. Hipertensi disebut juga darah tinggi. Hipertensi disebabkan adanya penyumbatan pembuluh darah. Penyumbatan ini disebabkan oleh lemak atau zat kapur. Hipertensi dapat mengakibatkan gangguan pada jantung, ginjal, dan pecahnya pembuluh darah di otak (stroke). Stroke dapat mengakibatkan kelumpuhan. 


Gejala-gejala tekanan hipertensi, antara lain, sakit kepala, tengkuk terasa pegal, dan tiba-tiba keluar darah dari hidung. 


Bagaimana cara mengatasi hipertensi?

Penderita hipertensi harus mengurangi makanan yang banyak mengandung garam, memperbanyak minum, mengurangi pekerjaan berat, dan lebih banyak istirahat. Pengobatan hipertensi dapat

dilakukan oleh dokter secara bertahap

.

3.Leukemia

Leukemia adalah penyakit di mana sel darah putih diproduksi secara berlebihan. Leukemia disebut juga kanker darah. Leukemia terjadi karena sel darah putih yang berlebihan memakan sel darah

merah.


Gejala-gejala leukemia, antara lain badan lemah dan kurang nafsu makan. Perawatan bagi penderita leukemia sebaiknya dilakukan oleh dokter. 


4.Hemofilia

Hemofilia adalah penyakit di mana darah sukar membeku. Penyakit ini dapat disebabkan oleh faktor keturunan. Hemofilia mungkin juga disebabkan kekurangan zat makanan tertentu,

misalnya vitamin K. 


Bagaimana cara mengatasi hemofilia?

Pada hemofilia yang tidak parah, apabila bagian tubuh terluka dapat ditaburi serbuk trombin. Pada hemofilia berat sebaiknya pengobatan diserahkan kepada dokter.


5.Pelebaran pembuluh darah, 

Pelebaran pembuluh darah dapat dibedakan menjadi ambeien (wasir) dan varises.

Ambeien terjadi karena adanya pelebaran pembuluh darah balik di sekitar anus. Sementara itu, varises terjadi karena adanya pelebaran pembuluh darah balik di bagian kaki.


6.Anemia (kekurangan darah), dapat disebabkan oleh luka yang mengeluarkan banyak darah, kekurangan zat besi, atau adanya penyakit seperti kanker tulang.


7.Hipertensi (tekanan darah tinggi), ditunjukkan dengan tingginya tekanan darah. Besar kecilnya tekanan darah seseorang dapat diukur menggunakan tensimeter.


8.Penyakit jantung koroner, terjadi karena adanya penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh arteri koroner sehingga menyumbatnya.


9.Stroke, disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di otak sehingga saraf-saraf yang ada di otak tidak memperoleh cukup oksigen. Keadaan ini menyebabkan kerja saraf terganggu.



Semoga bermanfaat

#tematikkelas5

#tema4kelas5sd

#peredarandarahmanusia

#gangguanperedarandarah

#belajardarirumah

#pjj

#BDR