Lomba Menulis artikel untuk Guru dan Kepala Sekolah SMA/SMK dan SLB -Dikmen Diksus Kemdikbud Tahun 2020

Lomba Menulis artikel untuk Guru dan Kepala Sekolah SMA/SMK dan SLB -Dikmen Diksus Kemdikbud Tahun 2020

lomba menulis artikel kemdikbud


Berdasarkan surat Nomor : 2761/B5/GT/2020, Dikmen Diksus Kemdikbud memperpanjang pelaksanaan Lomba Menulis Artikel Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana.


Unduh surat Perpanjangan Lomba Menulis artikel klik tautan ini UNDUH SURAT

Lomba Menulis Artikel


Lomba menulis artikel dalam hal ini adalah kompetisi menulis artikel bagi guru dan kepala sekolah pada pendidikan menengah dan pendidikan khusus, sebagai wahana untuk melatih dan mengungkapkan praktik baik tentang kesiapsiagaan bencana dan pengelolaan risiko bencana satuan pendidikan.

Artikel dalam hal ini adalah karya tulis ilmiah tentang pembelajaran kesiapsiagaan bencana dan pengelolaan risiko bencana satuan pendidikan yang disajikan secara sistematis dan metodologis.


Mitigasi adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.


Kesiapsiagaan adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi bencana melalui pengorganisasian serta melalui langkah yang tepat guna dan berdaya guna (UU RI No.24 Tahun 2007). Kesiapsiagaan menghadapi bencana adalah suatu kondisi suatu masyarakat, baik secara indvidu maupun kelompok, yang memiliki kemampuan secara fisik dan psikis dalam menghadapi bencana. Kesiapsiagaan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari manajemen bencana secara terpadu.


Pengurangan Risiko Bencana adalah upaya untuk mengurangi risiko yang ditimbulkan akibat satu jenis bencana pada suatu wilayah dan kurun waktu tertentu yang dapat berupa kematian, luka, sakit, jiwa terancam, hilangnya rasa aman, mengungsi, kerusakan atau kehilangan harta, dan gangguan kegiatan masyarakat.


Guru dan kepala sekolah pendidikan menengah dan pendidikan khusus adalah guru dan kepala sekolah pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Sekolah Luar Biasa (SDLB, SMPLB, SMALB), dan Satuan Pendidikan Penyelenggara Pendidikan Inklusif/SPPPI jenjang SD, SMP, SMA dan SMK .


PERSYARATAN

1.Masih aktif sebagai Guru/Kepala Sekolah pada jenjang SMA, SMK, SLB dan Satuan Pendidikan Penyelenggara Pendidikan Inklusif (SD, SMP, SMA, SMK) 

2.Belum pernah menjadi pemenang pada lomba menulis artikel pembelajaran peningkatan kesiapsiagaan bencana tingkat nasional tahun 2019 

3.Memiliki NUPTK yang terdaftar di http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status 

4.Memiliki pendidikan terakhir sekurang-kurangnya S1/DIV

5.Memiliki kelakuan baik*) 

6.Memiliki Karya Tulis Ilmiah*) sesuai dengan format dalam lomba



KATEGORI PESERTA

GURU

1.Guru SMA

2.Guru SMK

3.Guru Satuan Pendidikan Khusus (SLB dan SPPI)

KEPALA SEKOLAH

1.Kepala SMA

2. Kepala SMK

3. Kepala Satuan Pendidikan Khusus (SLB dan SPPI)


PENDAFTARAN KLIK TAUTAN BERIKUT INI

http://ringkas.kemdikbud.go.id/gurukslombaspab


Sumber : http://ringkas.kemdikbud.go.id/gurukslombaspab