Program Belajar dari Rumah Melalui TVRI Untuk SD Kelas 4 - 6 Minggu Keempat (4 - 10 Mei 2020)

Program Belajar dari Rumah Melalui TVRI Untuk SD Kelas 4 - 6 Minggu Keempat (4 - 10 Mei 2020)

panduan belajar dirumah TVRI untuk SD
Program Belajar dari Rumah oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan alternatif kegiatan pembelajaran selama anak belajar di rumah karena terdampak masa pandemik COVID-19. Tayangan dalam program Program Belajar dari Rumah meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, SMA/SMK dan sederajat, dan program keluarga dan kebudayaan. Pembelajaran dalam Program Belajar dari Rumah ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi.

Panduan Untuk Orang Tua Dalam Program Belajar Di rumah 
Kompetensi Literasi
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan:
  1. Dampingi anak ketika sedang menyimak tayangan, kemudian minta anak untuk mengkomunikasikan ide, gagasan, maupun perasaan sendiri, baik lisan maupun tertulis, daritayangan tersebut. Selanjutnya, orang tua perlu mendengarkan, membaca apa yang disampaikan anak, dan memberi umpan balik berupa tanya jawab, diskusi dan pujian.
  2. Lakukan diskusi dengan anak terkait hasil tulisannya. Perhatikan tema, topik, gagasan, atau ide yang dirasa belum pas dan beri waktu kepada anak untuk mengemukaan pendapatnya dan memperbaiki tulisannya.Jika orang tua mengalami kesulitan, bisa diskusi bersama keluarga dan guru.
  3. Mintalah anak untuk membacakan hasil tulisannya.Perhatikan cara duduk, jarak dari buku ke mata, posisi sikap yang baik, dan intonasi pembacaan. Selanjutnya, bersama-sama orang tua dan anak menyimpulkan bacaan.

Kompetensi Numerasi
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan:


  1. 1. Berusahalah untuk mendampingi anak menyaksikan tayangan hingga selesai. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan.
  2. Ajaklah anak berdiskusi kebermanfaatan tayangan yang disaksikan. Berilah motivasi untuk penyelesaian tugas yang diberikan dengan memeriksa kembali apa yang sudah dikerjakan anak.
  3. Untuk tugas yang rumit atau perlu penyelesain, arahkan anak untuk mencari referensi lainnya dari buku. Jika memungkinkan, berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut.
  4. Mintalah anak membacakan hasil karya yang ditulisnya dan berikan komentar seputar penyampaian dan komunikasi yang digunakan. Berikan penghargaan untuk karya yang sudah dibuat anak.

Program Tayang Untuk Kelas 4 - 6 SD dan Sederajat 
Senin, 4 Mei 2020 
GEMAR MATEMATIKA BERSAMA PAK RIDWAN: OPERASI HITUNG BILANGAN
KOMPETENSI NUMERASI:
Mengembangkan pemahaman tentang operasi hitung (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian) serta strategi dalam penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat positif.

PERTANYAAN

  1. 1.Seekor cacing berada 20 cm di bawah permukaan tanah. Puncak sebuah rumah berada 500 cm dari permukaan tanah. Jika seekor burung berjarak 200 cm di atas puncak rumah, berapa selisih jarak antara burung tersebut dan cacing?
  2. Ibu membuat 20 dus kue kering untuk dijual. Setiap dus berisi 9 toples. Kue tersebut akan diantarkan oleh pegawai kepada para pembeli. Setiap pegawai hanya bisa mengantar 12 toples saja. Berapa pegawai yg diperlukan untuk mengantar semua kue tersebut?
  3. Dalam sebuah ujian matematika terdapat 30 soal. Jawaban benar bernilai 3, jawaban salah bernilai -2, dan tidak dijawab bernilai -1. Dodi menjawab soal benar 5 kali dari soal salah, dan soal yang tidak dijawab adalah soal nomor 20 dan 26. Berapa jumlah nilai yang didapat Dodi?

SELASA, 5 MEI 2020
X-SAINS: GAYA DAN SIFAT-SIFATNYA
KOMPETENSI LITERASI: 

  1. Memahami paparan lisan tentang topik yang dikenali, mengidentifikasi ide pokok dan beberapa ide rinci dalam paparan tersebut, menjelaskan kembali dan menanggapi menggunakan pengetahuannya; 
  2. Menulis esai pendek untuk menggambarkan pengamatan dan pengalaman dengan lebih terstruktur.

PERTANYAAN

  1. Jelaskan 3 contoh aktivitas kalian yang menggunakan sifat gaya ketika membantu ibu di rumah!
  2. Lakukan percobaan! Jatuhkan dua buah batu dengan ukuran berbeda secara bersamaan dari ketinggian yang sama. Apa yang akan terjadi ? Tuliskan hasil percobaanmu!
  3. Tuliskan pengamatanmu dalam bentuk laporan sederhana terhadap percobaan Menara Mur Hexagonal!
  4. Mengapa kita dapat mendengar gaung dan gema? Jelaskan perbedaan keduanya melalui ilustrasi berupa perbedaan dimensi ruangnya!

RABU, 6 MEI 2020
MENGENAL ANEKA PANTUN
KOMPETENSI LITERASI:
Menulis pantun untuk menggambarkan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur

Pertanyaan :

1.Tuliskan ciri-ciri pantun!
2.Buatlah satu bait pantun teka-teki!
3.Buatlah satu bait pantun nasehat dengan tema menjaga kesehatan!
4.Tuliskan salah satu pantun yang ada di lagu Kicir-Kicir!


KAMIS,7 MEI 2020 (LIBUR)
MENGENAL KERAJINAN ORIGAMI

  1. (sebelum video): Mengisi waktu di rumah saja selama wabah COVID-19 bisa dengan berbagai macam aktivitas positif, salah satunya dengan membuat kerajinan melipat kertas atau origami yang tidak memerlukan material mahal. Cukup dengan 4 lembar kertas warna ukuran kecil kita sudah bisa membuat bentuk bunga semanggi empat daun.
  2. (sebelum video): Berikutnya, kita akan membuat bunga cantik berbentuk bola Sebelumnya kamu harus menggunting sejumlah kertas menjadi bentuk lingkaran. Bentuklah kertas ini menjadi bentuk limas lingkaran lalu satukan dengan kertas serupa sehingga membentuk bunga berbentuk bola. Cukup mudah bukan?
  3. (sebelum video) Setelah membuat bunga yang cukup mudah, kita akan diajarkan melipat kertas hingga membentuk buah strawberry. Siapkan dua kertas berukuran cukup besar, masing-masing berwarna merah dan hijau serta gunting. Walau proses pembuatannya lebih rumit dibanding bunga, namun kamu pasti bisa mempraktikkannya di rumah. Selamat mencoba! 
  4. (setelah video): Bagaimana, adik-adik? Menyenangkan yah membuat origami! Kalian bisa membuat bentuk origami lain yang kalian sukai dengan mencari di Youtube atau sumber lainnya. Minta orang tua untuk menemani kalian mencari yah!

JUMAT, 8 MEI 2020
GEMAR MATEMATIKA BERSAMA PAK RIDWAN: 
FAKTOR DAN KELIPATAN BILANGAN

KOMPETENSI NUMERASI:
Menerapkan pemahaman tentang faktor-faktor umum dan kelipatan bersama untuk memecahkan masalah

PERTANYAAN

  1. Berapa jumlah dari perkalian semua faktor 12 dan 15?
  2. Wati mempunyai 12 buah jeruk, 16 buah apel, dan 20 buah jambu. Semua makanan tersebut akan dibagikan kepada teman-temannya dengan jumlah sama banyak. Menurut Wati, dengan buah-buahan sebanyak itu, ia bisa membagikannya kepada 5 orang temannya tanpa bersisa. Apakah kamu setuju dengan perkataan Wati? Jelaskan alasanmu!
  3. Guru kelas rendah mendapat tugas piket setiap 2 hari, guru kelas tinggi mendapat tugas piket setiap 4 hari, guru olahraga mendapat tugas piket setiap 5 hari. Pada tanggal 18 April 2020, mereka piket bersama. Apakah mungkin mereka akan piket bersama kembali di bulan April 2020? Jelaskan alasanmu!


Silahkah share, semoga bermanfaat