Program Belajar dari Rumah Melalui TVRI Untuk SD Kelas 1 - 3 Minggu Keempat (4 - 10 Mei 2020) - Anak Belajar

Halaman

    Social Items

Program Belajar dari Rumah oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan alternatif kegiatan pembelajaran selama anak belajar di rumah karena terdampak masa pandemik COVID-19. Tayangan dalam program Program Belajar dari Rumah meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, SMA/SMK dan sederajat, dan program keluarga dan kebudayaan. Pembelajaran dalam Program Belajar dari Rumah ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi.
program TVRI untuk SD

Panduan Untuk Orang Tua Dalam Program Belajar Di rumah 
Kompetensi Literasi
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan:

  1. Pandulah anak memahami instruksi lisan dari tayangan program dengan cara meminta anak mengulanginya. orang tua juga perlu mengajukan pertanyaan- pertanyaan kepada anak tentang kata-kata yang belum dipahami, lalu membantu menjelaskannya. Setelah anak mengerti, mintalah anak untuk membuat kalimat dari kata-kata tersebut.
  2. Khusus untuk instruksi/pertanyaan tertulis (dalam bentuk teks), mintalah anak membaca kembali instruksi tersebut. 
  3. Pandulah anak untuk menyampaikan pendapatnya dengan melakukan diskusi.
  4. Perhatikan bagaimana susunan kalimat yang dibuat anak.
  5. Pandulah anak untuk menyimak dengan baik tayangan yang ditampilkan.
  6. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan. Perhatikan apakah anak memahami tugas yang disampaikan dalam tayangan. Bantu anak agar bisa menyampaikan gagasan dengan kalimat yang benar dan runut. Orang tua diharapkan bisa mengarahkan anak agar bisa mengemukakan pendapatnya lewat diskusi. Mintalah anak menyampaikan gagasannya secara lisan.Jika memungkinkan, direkam.
  7. Untuk tugas tertulis, bantulah anak menuliskan baris demi baris tugasnya.

Kompetensi Numerasi
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan:


  1. Pandulah anak untuk menyimak dengan baik tayangan yang ditampilkan.
  2. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan.
  3. Perhatikan apakah anak memahami tugas yang disampaikan dalam tayangan.
  4. Pandulah anak untuk mengerjakan tugas tersebut.
  5. Berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut.

Program Tayang Untuk Kelas 1 - 3 SD dan Sederajat 
SENIN, 4 Mei 2020 
Sahabat Pelangi: Juara Sejati
Kompetensi Literasi : (1) Menulis beberapa kalimat dan menyuntingnya;(2) Mengemukakan gagasan secara lisan

Pertanyaan

  1. Tuliskan 3 hal baik yang ditunjukkan oleh teman-teman Wayan dalam membantu persiapan lomba!
  2. Bagaimana pendapatmu tentang usaha Wayan dalam berlatih?
  3. Teman-teman Wayan tetap menganggap Wayan juara sejati. Setujukah kamu? Jelaskan alasanmu ya!

SELASA, 5 Mei 2020 
Matematika: Mengukur Berat Benda 
KOMPETENSI NUMERASI: (1) Mengukur berat benda; (2) Membandingkan berat benda; (3) Menyelesaikan masalah terkait berat benda

Pertanyaan : 
1.Buktikan bahwa berat 2 piring yang sama bahannya, namun berbeda ukuran, akan berbeda beratnya!

2.Ukurlah berat 3 alat dapur di rumahmu, lalu urutkan dari yang paling berat!
Caranya, siapkan gantungan baju dan kantong plastik di masing-masing ujungnya.
Masukkan 1 alat dapur ke salah satu kantong plastik dan benda lain, sebagai alat ukur, ke kantong plastik lainnya.
Lakukan bergantian untuk ketiga alat dapur yang kamu pilih sehingga kamu bisa mengurutkan beratnya.
Untuk contoh perhatikan gambar!
alat tidak baku


3.Berat sebuah mangga sama dengan berat dua buah apel yang sama besar. Jika berat mangga 30 ons, berapa ons berat sebuah apel?

RABU,6 Mei 2020
Sahabat Pelangi: Bermalam di Rumah Nisa
KOMPETENSI LITERASI: (1) Menulis beberapa kalimat dan menyuntingnya; (2) Mengemukakan gagasan secara lisan


  1. Tuliskan dua hal yang kamu ketahui tentang Ambon dari cerita tersebut!
  2. Alat transportasi apa yang dapat digunakan untuk bisa sampai ke Ambon?
  3.  Hal-hal baik apa yang dilakukan Wayan dan teman-teman terhadap Martha?
  4. Nisa dan Martha memiliki makanan favorit sesuai daerah masing-masing. Apa makanan favorit keluargamu? Tuliskan bagaimana cara membuatnya! Mintalah bantuan orang tua di rumah.


KAMIS, 7 Mei 2020 (Libur)
Dongeng Anak: Petualangan Oki dan Nirmala
Petualangan di hutan maple

JUMAT, 8 Mei 2020 
Sahabat Pelangi: Kabar Kabur
KOMPETENSI LITERASI: (1) Menulis beberapa kalimat dan menyuntingnya;  (2) Mengemukakan gagasan secara lisan

Pertanyaan
1.Apa yang dilakukan Wayan, Chandra, dan Nisa ketika menerima informasi yang belum jelas kebenarannya tentang Martha?

2.Pernahkah kamu membantu temanmu, seperti yang dilakukan Wayan dan Chandra kepada Teteh Dewi? Tuliskan pengalamanmu!

3.Bagaimana pendapatmu tentang berita yang belum jelas kebenarannya?

semoga bermanfaat, silahkan share. terima kasih

Program Belajar dari Rumah Melalui TVRI Untuk SD Kelas 1 - 3 Minggu Keempat (4 - 10 Mei 2020)

Program Belajar dari Rumah oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan alternatif kegiatan pembelajaran selama anak belajar di rumah karena terdampak masa pandemik COVID-19. Tayangan dalam program Program Belajar dari Rumah meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, SMA/SMK dan sederajat, dan program keluarga dan kebudayaan. Pembelajaran dalam Program Belajar dari Rumah ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi.
program TVRI untuk SD

Panduan Untuk Orang Tua Dalam Program Belajar Di rumah 
Kompetensi Literasi
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan:

  1. Pandulah anak memahami instruksi lisan dari tayangan program dengan cara meminta anak mengulanginya. orang tua juga perlu mengajukan pertanyaan- pertanyaan kepada anak tentang kata-kata yang belum dipahami, lalu membantu menjelaskannya. Setelah anak mengerti, mintalah anak untuk membuat kalimat dari kata-kata tersebut.
  2. Khusus untuk instruksi/pertanyaan tertulis (dalam bentuk teks), mintalah anak membaca kembali instruksi tersebut. 
  3. Pandulah anak untuk menyampaikan pendapatnya dengan melakukan diskusi.
  4. Perhatikan bagaimana susunan kalimat yang dibuat anak.
  5. Pandulah anak untuk menyimak dengan baik tayangan yang ditampilkan.
  6. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan. Perhatikan apakah anak memahami tugas yang disampaikan dalam tayangan. Bantu anak agar bisa menyampaikan gagasan dengan kalimat yang benar dan runut. Orang tua diharapkan bisa mengarahkan anak agar bisa mengemukakan pendapatnya lewat diskusi. Mintalah anak menyampaikan gagasannya secara lisan.Jika memungkinkan, direkam.
  7. Untuk tugas tertulis, bantulah anak menuliskan baris demi baris tugasnya.

Kompetensi Numerasi
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan:


  1. Pandulah anak untuk menyimak dengan baik tayangan yang ditampilkan.
  2. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan.
  3. Perhatikan apakah anak memahami tugas yang disampaikan dalam tayangan.
  4. Pandulah anak untuk mengerjakan tugas tersebut.
  5. Berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut.

Program Tayang Untuk Kelas 1 - 3 SD dan Sederajat 
SENIN, 4 Mei 2020 
Sahabat Pelangi: Juara Sejati
Kompetensi Literasi : (1) Menulis beberapa kalimat dan menyuntingnya;(2) Mengemukakan gagasan secara lisan

Pertanyaan

  1. Tuliskan 3 hal baik yang ditunjukkan oleh teman-teman Wayan dalam membantu persiapan lomba!
  2. Bagaimana pendapatmu tentang usaha Wayan dalam berlatih?
  3. Teman-teman Wayan tetap menganggap Wayan juara sejati. Setujukah kamu? Jelaskan alasanmu ya!

SELASA, 5 Mei 2020 
Matematika: Mengukur Berat Benda 
KOMPETENSI NUMERASI: (1) Mengukur berat benda; (2) Membandingkan berat benda; (3) Menyelesaikan masalah terkait berat benda

Pertanyaan : 
1.Buktikan bahwa berat 2 piring yang sama bahannya, namun berbeda ukuran, akan berbeda beratnya!

2.Ukurlah berat 3 alat dapur di rumahmu, lalu urutkan dari yang paling berat!
Caranya, siapkan gantungan baju dan kantong plastik di masing-masing ujungnya.
Masukkan 1 alat dapur ke salah satu kantong plastik dan benda lain, sebagai alat ukur, ke kantong plastik lainnya.
Lakukan bergantian untuk ketiga alat dapur yang kamu pilih sehingga kamu bisa mengurutkan beratnya.
Untuk contoh perhatikan gambar!
alat tidak baku


3.Berat sebuah mangga sama dengan berat dua buah apel yang sama besar. Jika berat mangga 30 ons, berapa ons berat sebuah apel?

RABU,6 Mei 2020
Sahabat Pelangi: Bermalam di Rumah Nisa
KOMPETENSI LITERASI: (1) Menulis beberapa kalimat dan menyuntingnya; (2) Mengemukakan gagasan secara lisan


  1. Tuliskan dua hal yang kamu ketahui tentang Ambon dari cerita tersebut!
  2. Alat transportasi apa yang dapat digunakan untuk bisa sampai ke Ambon?
  3.  Hal-hal baik apa yang dilakukan Wayan dan teman-teman terhadap Martha?
  4. Nisa dan Martha memiliki makanan favorit sesuai daerah masing-masing. Apa makanan favorit keluargamu? Tuliskan bagaimana cara membuatnya! Mintalah bantuan orang tua di rumah.


KAMIS, 7 Mei 2020 (Libur)
Dongeng Anak: Petualangan Oki dan Nirmala
Petualangan di hutan maple

JUMAT, 8 Mei 2020 
Sahabat Pelangi: Kabar Kabur
KOMPETENSI LITERASI: (1) Menulis beberapa kalimat dan menyuntingnya;  (2) Mengemukakan gagasan secara lisan

Pertanyaan
1.Apa yang dilakukan Wayan, Chandra, dan Nisa ketika menerima informasi yang belum jelas kebenarannya tentang Martha?

2.Pernahkah kamu membantu temanmu, seperti yang dilakukan Wayan dan Chandra kepada Teteh Dewi? Tuliskan pengalamanmu!

3.Bagaimana pendapatmu tentang berita yang belum jelas kebenarannya?

semoga bermanfaat, silahkan share. terima kasih