Penggunaan present perfect tense dan contoh kalimatnya

Penggunaan present perfect tense dan contoh kalimatnya

Pada artikel kali ini anakbelajar.id akan membahas tentang penggunaan present perfect tense. Present perfect tense adalah tense yang menyatakan bahwa suatu peristiwa yang telah terjadi, akibat dari perbuatan atau peristiwa tersebut dapat dilihat atau dibuktikan pada wakti sekarang.

Baca juga : simple past tense dan simple present tense

Untuk apa sajakah penggunaan present perfect tense ? berikut ini penjelasan penggunaan present perfect tense:
1. Present perfect tense digunakan untuk suatu peristiwa atau perbuatan yang baru saja terjadi atau dilakukan. Untuk tujuan ini seringkali dipakai kata keterangan just. Contoh :
I have just called him
( saya baru saja menelepon dia )

2. Present perfect tense digunakan untuk menyatakan peristiwa yang diawali di masa lampau dan terus berlangsung hingga sekarang. Untuk tujuan ini dipakai kata keterangan for (selama) dan since (sejak). Contoh :
Mr. Hazmi has lived in Australia for five years
( Tuan Hazmi telah tinggal di Australia selama 5 tahun )

Mr. Irgi has lived in Singapore since 2010
( Tuan Irgi telah tinggal di Singapura sejak 2010 )

3. Present perfect tense digunakan untuk menyatakan suatu peristiwa atau perbuatan yang diawali di masa lampau dan berhenti pada saat berbicara. Contoh :
I haven’t seen you for weeks. Where have you been ?
( saya sudah tidak bertemu kamu selama berminggu- minggu. Kemana saja kamu ? )
tenses present perfect tense dan contohnya

4. Present perfect tense digunakan untuk menyatakan suatu peristiwa atau perbuatan yang terus berlangsung ataupun belum selesai dari waktu tertentu di masa lampau hingga sekarang dan kemungkinan masih akan terus berlangsung sampai suatu waktu tertentu di masa yang akan datang. Untuk tujuan ini sering kali dipakai kata keterangan seperti: all this years, all day, all night, all the time dan lain sebagainnya. Contoh dalam penggunaan kalimat Present perfect tense-nya
They have lived in poverty all this years
( mereka telah hidup dalam kemiskinan sepanjang tahun ini )

5. Present perfect tense digunakan untuk menyatakan suatu peristiwa atau perbuatan yang masih terjadi di masa lampau tetapi masih terkait dengan masa sekarang. Kejadian masa lampau itu masih bisa terjadi atau masih terus berulang di masa sekarang. Contoh kalimatnya adalah :
I have seen bird in that forest
( saya melihat burung di hutan itu )

6. Present perfect tense digunakan untuk menyatakan suatu peristiwa atau perbuatan yang terjadi atau dilakukan di masa lampau tetapi memiliki akibat yang bisa dilihat atau dirasakan sekarang. Contoh :
He has washed the car. It looks clean now
( dia telah mencuci mobil itu. Mobil itu terlihat bersih sekarang )

7. Present perfect tense  digunakan untuk menyatakan suatu peristiwa atau perbuatan yang pernah (ever), tidak pernah (never), sering (often), sekali (once) terjadi dalam kehidupan seseorang dan untuk tujuan ini seringkali ditambahkan dengan kata keterangan before. Contoh penggunaannya :
She has often visited the museum before
( dia sudah sering mengunjungi museum itu sebelumnya )

I have never been to Australia all my life
( saya belum pernah berada di Australia sepanjang hidupku )

Demikian artikel tentang penggunaan present perfect tense dan contoh kalimatnya. Semoga bisa bermanfaat.