Penggunaan Present Continuous tense dan contohnya

Penggunaan Present Continuous tense dan contohnya

Pada artikel sebelumnya telah dibahasa tentang simple present tense, simple past tense dan present perfect tense. Artikel kali ini anakbelajar.id akan membahas tentang present continuous tense. Present continuous tense merupakan tense yang menyatakan perbuatan yang sedang berlangsung sekarang pada saat berbicara. Perbuatan yang dilakukan biasanya mempunyai tenggang waktu termasuk dalam konsep sekarang atau pada waktu kini.
Baca juga tentang : Penggunaan simple present tense dan contoh kalimatnya

Penggunaan atau pemakaian present continuous tense berbeda dengan simple present tense, simple past tense dan present perfect tense. Present continuous tense biasanya digunakan untuk hal berikut ini :


1. Present  continuous tense dipakai atau digunakan untuk menyatakan peristiwa atau perbuatan yang sedang berlangsung pada saat bicara. Pada penggunaannya sering kali menggunakan kata keterangan seperti now, right now, at the moment, at present.
Contoh :
My sister are watching television now
( saudara perempuanku sedang menonton televise sekarang )

The children are studying their homework at the moment
( anak- anak sedang mempelajari pekerjaan rumahnya pada saat ini )
pemakaian present continuous tense dan contohnya

2. Present  continuous tense digunakan untuk menyatakan suatu peristiwa atau perbuatan yang terjadi atau dilakukan di masa sekarang, tetapi tidak harus terjadi pada saat bicara. Contoh :
Mr. Ryan is writing a novel
( Tuan Ryan sedang menulis sebuah novel )

My aunt is working in that company
( bibiku bekerja di perusahaan itu )

3. Present  continuous tense dipakai untuk menyatakan suatu rencana yang sudah pasti akan dilakukan dalam waktu dekat. contoh :
My mother is leaving for Malang by train this afternoon
( ibuku akan berangkat ke Malang naik kereta siang ini )

Baca Juga :

4. Present  continuous tense digunakan untuk menyatakan suatu perbuatan yang terjadi secara berulang- ulang atau perbuatan yang sepertinya terus- menerus terjadi. Pada penggunaan Present  continuous tense ini biasanya menggunakan kata keterangan waktu seperti always, continually, constantly, forever.
Contoh :
My brother is constantly reading book
( saudara laki- laki terus- menerus membaca buku )
Demikian artikel tentang penggunaan Present  continuous tense beserta contoh kalimatnya. Semoga bisa bermanfaat.