Pengertian Wacana Menurut Ahli - Anak Belajar

Halaman

    Social Items

Pengertian Wacana Menurut Ahli

Apakah Wacana itu? Untuk memperoleh gamabran yang lebih jelas, ada baiknya kita mengetahui Batasan atau pengertian wcana dari berbagai sumber.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia halaman 1612 KBBI Tahun 2008 kita dapat membaca keterangan seabagai berikut:
Wacana :
1. Ucapan; percakapan; tutur;
2. Keseluruhan perkataan atau ucapan yang merupakan suatu kesatuan;
3. Satuan bahasa terlengkap, realisasinya tampak pada bentuk karangan yang utuh, seperti novel buku, atau artikel, pada pidato atau khotbah;
4. Kemampuan dan prosedur berpikir yang sistematis;
5. Pertukaran ide secara verbal;
Dari pengertian diatas kita dapat ambil sari patinya, bahwa wacana itu adalah satuan bahasa terlengkap dalam wujud lisan dapat berupa tuturan dan dalam wujud tulisan dapat berupa karangan sastra dan ilmiah.

Dalam kamus lingusitik, Harimurti Kridalaksana menyatakan bahwa wacana (discourse) adalah satuan bahawa terlengkap dalam hierarki gramatikal, merupakan gramatikal tertinggi atau terbesar. Wacana ini direalisasikan dalam bentuk karangan yang utuh (novel, buku, seri ensiklopedia, dan sebagainya), pargraf, kalimat atau kata yang membawa amanat yang lengkap.

Menurut H.G. Tarigan dalam bukunya, “Pengajaran Wacana” mengemukakan bahwa wacana adalah satuan bahawa yang terlengkap dan tertinggi atau terbesar di atas kalimat atau klausa dengan koherensi dan kohesi tinggi yang berkesinambungan yang mempunyai awal dan akhir yang nyata disampaikan secara lisan atau tulisan.

Menurut Chear dalam buku linguistik umum halaman 267 menyatakan bahwa wacana adalah satuan bahasa yang lengkap sehingga hierarki gramatikal merupakan satuan gramatikal yang tertinggi atau terbesar. Sebagai satuan bahasa yang lengkap, wacana memiliki konsep, gagasan, pikiran, atau ide yang utuh, yang bisa dipahami oleh pembaca (dalam wacana tulis) atau pendengar (dalam wacana lisan)

Secara sederhana pengertian wacana sebagai berikut:
1. Wacana adalah satuan bahasa yang terlengkap dan terbesar tersusun dengan rapi dan mengandung hubungan yang padu disampaikan secara lisan atau tertulis
2. Wacana adalah satuan bahasa yang terlengkap. Yang termasuk satuan bahasa adalah morfem, kata, frase, klausa, kalimat dan wacana. Bila ditinjau dari kelengkapan unsurnya, wacana merupakan unit bahasa yang paling lengkap unusrnya. Wacana tidak hanya terdiri kalimat, frase, morfem, fonem, tetapi juga didukung oleh unsur-unsur lain seperti situasi, ruang dan waktu pemakain
Demikian artikel tentang pengertian wacana menurut para ahli, semoga bisa bermanfaat.