Tanaman Kunyit dan Manfaatnya

Tanaman Kunyit dan Manfaatnya

kunyi
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering melihat kunyit sebagai salah satu bumbu untuk memasak. Selain dijadikan bumbu untuk masak ternyata kunyit bisa dijadikan untuk obat. Kunyit yang mempunyai nama ilmiah Curcumae domisticae Rhizo atau lebih dikenal dalam bahasa daerah sebagai koneng, kuneh, kunir, kunyir, kuning dan lain sebagainya, merupakan tumbuhan rempah-rempahan yang banyak khasiatnya.


Tanaman kunyit ini mempunyai daun berwarna hjau dan tumbuh dengan ketinggian antara 0,75 meter hingga 1,5 meter. Mempunyai batang basah, daunnya berbentuk lonjong, bunga yang dihasilkan majemuk dengan warna merah atau merah muda. Kunyit merupakan tanaman obat dari Asia Tenggara dan telah dikembangakan secara luas di Asia Selatan, Filipina, Taiwan maupun Cina selatan dan Indonesia.

Tanaman kunyit mempunyai batang semu yang dililit oleh pelepah-pelepah daun, sehingga menambah banyak permukaan daun dalam tanaman ini. Daun tanaman runcing dan licin dengan panjang sekitar 30 cm, lebar 8 cm. Bunga muncul dari batang semu dengan warna bunga putih atau putih bergaris hijau dan terkadang ujung bunga berwarna merah jambu.

Bagian utama tanaman kunyit adalah rimpangnya. Rimpang yang berada di dalam tanah, dengan warna rimpang kuning tua atau jingga terang.   Rimpang tanaman kunyit biasanya menjalar dan rimpang induk berbentuk ellips. Rimpang kunyit juga mengandung minyak atsiri dan kurkuminoid. Minyak atsiri mengandung senyawa turmeron dan zingiberen. Sedangkan kurkuminoid mengandung senyawa kurkumin. Selain itu, rimpang kunyit juga memiliki kandungan zat pahit, vitamin c, lemak, protein, kalsium , fosfor dan besi.

Sedangkan manfaat rimpang kunyit ini secara umum adalah sebagai anti bakteri, menurunkan tekanan darah, obat cacing, obat asma, penambah darah, obat sakit perut, diare dan reumatik. Selain untuk obat-obatan rimpang kunyit juga bisa dijdikan sebagai pewarna alami makanan atau obat dan bahan campuran kosmetik.
Semoga bermanfaat