Pentingnya Zat Makanan Bagi Tubuh Kita - Anak Belajar

Halaman

    Social Items

Makanan merupakan sumber energi bagi tubuh kita. Energi diperoleh dari pembakaran zat makanan yang kita makan. Makanan tidak hanya sebagai penghasil energi, tetapi masih banyak manfaat lain bagi makhluk hidup, misalnya untuk pertumbuhan dan perkembangan. Fungsi makanan antara lain untuk sumber energi, untuk pertumbuhan dan pembentukan tubuh, sebagai pertahanan tubuh terhadap berbagai macam penyakit, mengatur proses-proses dalam tubuh dan memelihara jaringan tubuh serta perbaikan sel-sel jaringan tubuh yang rusak atau sudah tua.
pentingnya zat makanan bagi tubuh

Zat makanan yang dibutuhkan diperlukan bagi tubuh kita dapat dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu:

  • Zat makanan makro (makronutrien), yaitu zat makanan yang diperlukan tubuh dalam jumlah besar yang meliputi karbohidrat, lemak, protein dan air
  • Zat makanan mikro (mikonutrien), yaitu zat makanan yang diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit meliputi vitamin dan mineral

Manusia sangat memerlukan makanan dalam jumlah yang tepat dan mengadung zat nutrsi lengkap, seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral dan air.
1.Karbohidrat
Karbohidrat merupakan senyawa organik yang dibangun oleh unsur-unsur C, H, dan O. Fungsi karbohidrat antara lain sebagai penghasil kalori dimana setiap gramnya menghasilkan 4,1 kalori, sebagai bahan dasar penyusun protein dan lemak, serta menjaga keseimbangan adam dan basa dalam tubuh. Contoh makanan yang mangandung karbohidrat antara lain: beras, ketela, jagung, roti dan gandum.

2.Protein
Protein adalah senyawa organik kompleksyang tersusun atas unsur C,H,O, N dan kadang-kadang juga mengandung unsur S dan P. Sumber protein sebagai berikut:

  • Protein hewani, yaitu protein yang berasal dari hewan, terkandung di dalam daging, ikan, telur, susu dan keju
  • Protein nabati, yaitu protein yang berasal dari tumbuhan, terutama biji-bijian, kacag-kacangan dan gandum

Fungsi protein bagi tubuh manusia adalah sebagai berikut:
a. Sebagai sumber energy, setiap gramnya menghasilkan 4,1 kalori
b. Sebagai zat pembangun dan pembentuk sel yang baru (pada pertumbuhan dan reproduksi)
c. Bahan dalam sintesis substansi penting seperti hormon, enzim, zat anti bodi dan organel sel lain
d. Mempertahankan kekentalan (viskositas) darah
e. Menjaga keseimbangan asam dan basa

3.Lemak
Lemak merupakan sumber energy yang menyediakan kalori terbanyak bagi tubuh dibandingkan dengan karbohidrat dan protein. Seperti halnya karbohidrat, lemak tersusun atas unsur C, H dan O. Lemak bias diperoleh dari sumber hewani (lemak hewani) dan tumbuhan (lemak nabati).

  • Lemak hewani merupakan lemak yang berasal dari hewan yang terdapat pada daging, telur, susu, ikan dan mentega
  • Lemak nabati, merupakan lemak yang berasal dari tumbuhan. Lemak nabati terdapat pada kedelai, kacang tanah, kelapa, kemiri dan buah alpukat.

Sedangkan lemak berperan dalam tubuh kita sebagai:
a. Penghasil kalori tertinggi, yaitu setiap gram lemak menghasilkan energy 9,3 kalori
b. Pelarut vitamin A, D, E dan K, serta pembawa makanan esensial
c. Pelidung alat-alat tubuhbagian dalam (seperti bantalan)
d. Pelindung tubuh dari suhu rendah

4. Vitamin
Vitamin sangat diperlukan oleh tubuh walaupun dalam jumlah sedikit. Karena fungsinya tidak dapat digantikan oleh zat lain. Bila tubuh kita kekurangan vitamin dapat menderita defisiensi atau avitaminosis. Vitamin diperlukan untuk pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan dan reproduksi, serta tidak memberikan energi tetapi berperan sebagai zat pengatur (melakukan fungsi regulator)

5. Mineral
Mineral berperan dalam pembentukan hormon, tulang, gigi dan darah. Selain itu, mineral juga membantu fungsi tubuh seperti pertumbuhan dan metabolism. Garam mineral sangat diperlukan oleh tubuh. Baik secara sendiri-sendiri maupun gabungan antar unsur. Apabila kekurangan unsur-unsur mineral, maka tubuh akan mengalami gangguan yang disebut penyakit defisiensi. Contoh mineral yang merupakan faktor defisiensi adalah besi, kalsium, fosfor, dan iodium.

6.Air
Air yang diperlukan tubuh dapat diperoleh secara langsung dari air minum dan sebagian lagi diperoleh dari bahan makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Peran air dalam tubuh sangat penting, yaitu:
a.Mengangkut nutrisi ke berbagai jaringan
b. Sebagia pelarut senyawa-senyawa lain
c. Mengangkut sampah (sisa metabolism) dari jaringan ke luar tubuh
d. Sebagai medium berabagai reaksi kimia dalam tubuh

Demikian pentingyna Zat makanan bagi tubuh kita. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Pentingnya Zat Makanan Bagi Tubuh Kita

Makanan merupakan sumber energi bagi tubuh kita. Energi diperoleh dari pembakaran zat makanan yang kita makan. Makanan tidak hanya sebagai penghasil energi, tetapi masih banyak manfaat lain bagi makhluk hidup, misalnya untuk pertumbuhan dan perkembangan. Fungsi makanan antara lain untuk sumber energi, untuk pertumbuhan dan pembentukan tubuh, sebagai pertahanan tubuh terhadap berbagai macam penyakit, mengatur proses-proses dalam tubuh dan memelihara jaringan tubuh serta perbaikan sel-sel jaringan tubuh yang rusak atau sudah tua.
pentingnya zat makanan bagi tubuh

Zat makanan yang dibutuhkan diperlukan bagi tubuh kita dapat dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu:

  • Zat makanan makro (makronutrien), yaitu zat makanan yang diperlukan tubuh dalam jumlah besar yang meliputi karbohidrat, lemak, protein dan air
  • Zat makanan mikro (mikonutrien), yaitu zat makanan yang diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit meliputi vitamin dan mineral

Manusia sangat memerlukan makanan dalam jumlah yang tepat dan mengadung zat nutrsi lengkap, seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral dan air.
1.Karbohidrat
Karbohidrat merupakan senyawa organik yang dibangun oleh unsur-unsur C, H, dan O. Fungsi karbohidrat antara lain sebagai penghasil kalori dimana setiap gramnya menghasilkan 4,1 kalori, sebagai bahan dasar penyusun protein dan lemak, serta menjaga keseimbangan adam dan basa dalam tubuh. Contoh makanan yang mangandung karbohidrat antara lain: beras, ketela, jagung, roti dan gandum.

2.Protein
Protein adalah senyawa organik kompleksyang tersusun atas unsur C,H,O, N dan kadang-kadang juga mengandung unsur S dan P. Sumber protein sebagai berikut:

  • Protein hewani, yaitu protein yang berasal dari hewan, terkandung di dalam daging, ikan, telur, susu dan keju
  • Protein nabati, yaitu protein yang berasal dari tumbuhan, terutama biji-bijian, kacag-kacangan dan gandum

Fungsi protein bagi tubuh manusia adalah sebagai berikut:
a. Sebagai sumber energy, setiap gramnya menghasilkan 4,1 kalori
b. Sebagai zat pembangun dan pembentuk sel yang baru (pada pertumbuhan dan reproduksi)
c. Bahan dalam sintesis substansi penting seperti hormon, enzim, zat anti bodi dan organel sel lain
d. Mempertahankan kekentalan (viskositas) darah
e. Menjaga keseimbangan asam dan basa

3.Lemak
Lemak merupakan sumber energy yang menyediakan kalori terbanyak bagi tubuh dibandingkan dengan karbohidrat dan protein. Seperti halnya karbohidrat, lemak tersusun atas unsur C, H dan O. Lemak bias diperoleh dari sumber hewani (lemak hewani) dan tumbuhan (lemak nabati).

  • Lemak hewani merupakan lemak yang berasal dari hewan yang terdapat pada daging, telur, susu, ikan dan mentega
  • Lemak nabati, merupakan lemak yang berasal dari tumbuhan. Lemak nabati terdapat pada kedelai, kacang tanah, kelapa, kemiri dan buah alpukat.

Sedangkan lemak berperan dalam tubuh kita sebagai:
a. Penghasil kalori tertinggi, yaitu setiap gram lemak menghasilkan energy 9,3 kalori
b. Pelarut vitamin A, D, E dan K, serta pembawa makanan esensial
c. Pelidung alat-alat tubuhbagian dalam (seperti bantalan)
d. Pelindung tubuh dari suhu rendah

4. Vitamin
Vitamin sangat diperlukan oleh tubuh walaupun dalam jumlah sedikit. Karena fungsinya tidak dapat digantikan oleh zat lain. Bila tubuh kita kekurangan vitamin dapat menderita defisiensi atau avitaminosis. Vitamin diperlukan untuk pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan dan reproduksi, serta tidak memberikan energi tetapi berperan sebagai zat pengatur (melakukan fungsi regulator)

5. Mineral
Mineral berperan dalam pembentukan hormon, tulang, gigi dan darah. Selain itu, mineral juga membantu fungsi tubuh seperti pertumbuhan dan metabolism. Garam mineral sangat diperlukan oleh tubuh. Baik secara sendiri-sendiri maupun gabungan antar unsur. Apabila kekurangan unsur-unsur mineral, maka tubuh akan mengalami gangguan yang disebut penyakit defisiensi. Contoh mineral yang merupakan faktor defisiensi adalah besi, kalsium, fosfor, dan iodium.

6.Air
Air yang diperlukan tubuh dapat diperoleh secara langsung dari air minum dan sebagian lagi diperoleh dari bahan makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Peran air dalam tubuh sangat penting, yaitu:
a.Mengangkut nutrisi ke berbagai jaringan
b. Sebagia pelarut senyawa-senyawa lain
c. Mengangkut sampah (sisa metabolism) dari jaringan ke luar tubuh
d. Sebagai medium berabagai reaksi kimia dalam tubuh

Demikian pentingyna Zat makanan bagi tubuh kita. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.