Mengenal Skala Sebagai Perbandingan dan Contoh Soal Tesnya

Mengenal Skala Sebagai Perbandingan dan Contoh Soal Tesnya

skala sebagai perbandingan

Alhamdulillah, anakbelajar.id bisa membuat artikel lagi. Kali ini kita akan membahasa tentang skala. Mungkin dari kita sudah mengetahui tentang skala, walaupun sudah banyak yang tahu, anakbelajar.id akan mencoba membahas kembali tentang skala, agar kita lebih ingat lagi tentang skala.
Skala biasanya bisa kita jumpai pada peta ataupun denah suatu tempat. Kalau  kita pernah lihat peta, pada bagian bawah peta biasanya ada tulisan skala, misalnya 1: 200.000 (dibaca skala 1 berbanding 200.000).  Skala pada peta bisa juga diartikan sebagai perbandingan antara ukuran gambar dan ukuran sebenarnya atau sesungguhnya.

Penggunaan perbandingan salah satunya untuk menentukan skala. Salah satu cara menentukan skala yaitu menyederhanakan pecahan. Perhatikan contoh dibawah ini :

Kota M dan kota N berjarak 60 km, sedangkan jarak pada peta 20 cm. skala peta dapat ditentukan sebagai berikut:
Skala = jarak pada peta
                 Jarak sebenarnya

        = 20 cm
                   60 km
Sebelum melanjutkan ke pembahasan perhatikan terlebih dahulu satuan yang digunakan. Pada jarak pada peta yaitu 20 cm sedangkan jarak sebenarnya 60 km. Ada perbedaan satuan yaitu satuan cm (senti meter) dan km (kilometer). Karena adanya perbedaan satuan maka kita harus menyamakan terlebih dahulu satuan yang digunakan.  Karena pada skala menggunakan satuan cm, maka  jarak sebenarnya kita rubah ke satuan cm (sentimeter).

Cara merubah satuan jarak silahkan baca juga : satuan jarak

60 km = 6.000.000 cm
Sehingga, Skala = jarak pada peta
              Jarak sebenarnya

         =      20      
             6.000.000
   (untuk menyederhanakan bagi kedua bilangan dengan angka yang sama  )          
=       1      
  300.000
Jadi skala peta  1: 300.000, artinya setiap 1 cm (sentimeter) pada peta mewakili 300.000 cm = 3 km (kilometer) pada jarak sebenarnya.

Jika skala dan ukuran sebenarnya diketahui, maka ukuran pada peta atau denah dapat ditentukan. Apabila ukuran pada peta dan skala diketahi, ukuran sebenarnya pun dapat ditentukan.


Aga kita lebih memahami tentang cara menentukan skala, cobalah kerjakan soal latihan dibawah ini untuk menentukan skala :


  1.  Kota A dan B berjarak 150 km. sedangkan jarak pada peta 12. Berapa skala yang digunakan ?
  2.  Kota X dan Y pada peta berjarak 8 cm, sedangkan jarak sebenarnya adalah 320 km. berapakah skala digunakan pada peta tersebut?

Demikian postingan tentang skala, semoga bisa membantu dalam belajar.