Cara Lampirkan File di Email (Gmail) Via Android

Cara Lampirkan File di Email (Gmail) Via Android

Pada artikel kali ini saya akan membuat tips atau cara menyisipkan file (insert file) kedalam email yang berbasis gmail. Sebenarnya artikel tentang cara menyisipkan file di email sudah banyak di internet, tapi tidak mengapa saya akan membahas pada artikel kali ini.
Ketika kita hendak mengirim file baik berupa dokumen (word, pdf, excel, power point ), gambar, dan video dengan menggunakan email dari gmail (@gmail) ada ketentuan besar file yang harus disisipkan atau dilampirkan, besar file yang disipkan tidak melebihi dari 20 MB.  Coba perhatikan gambar berikut ini, pada gambar terlihat notifikasi besar file yang bisa disisipkan di email :
mengatasi limit besar file di gmail

Dengan adanya ketentuan besar file yang harus disisipkan atau dilampirkan, besar file yang disisipkan tidak melebihi dari 20 MB.Apakah kita tidak bisa melampirkan atau menyisipkan file melebihi 20 Mb ?
jawabannya bisa. Coba perhatikan tombol sisipan dibawah ini.



Pada gambar terlihat ada dua pilihan pelampiran file bisa langsung dan melalui google drive. Jika kita lampirkan langsung maka file tersebut harus dibawah 20 Mb. Jika kita ingin melampirkan lebih dari 20 Mb, maka kita bisa melampirkan melalui google drive.

Apa itu Google Drive ?
Google drive merupakan salah satu clouding (tempat penyimpanan awan) yang bisa digunakan untuk menyimpan file secara online. (untuk pembahasan google drive dan beberapa clouding yang lain, insya Allah akan dibahas pada artikel lainnya)
Jika di smartphone (android ) anda belum diinstall aplikasi google drive, maka download dan install aplikasi google drive terlebih dahulu di play store. Apabila sudah diinstall maka buka aplikasi google drive anda, maka akan muncul  beberapa fitur yang ada di google drive.
Untuk menambahkan file atau upload file bisa mengklik tanda plus yang ada seperti gambar.


 \




Setelah itu, klik tombol (button) upload dan cari ada dimana letak file atau dokumen. Klik file ataupun data yang ingin diupload.  Tunggu sampai upload data selesai.
Setelah selesai, kita buka aplikasi gmail yang ada di smartphone. Isi data penerima email, isi email dan klik lampiran pada pojok kanan atas, pilih opsi atau pilihan sisipkan dari google drive.


Pilih file yang akan kita sisipkan, setelah file yang akan disisipkan sudah ada di email anda. Maka anda bisa langsung mengirimkan file kepada orang lain.

Demikain tips sederhana untuk melampirkan file di email. Semoga bermanfaat.