Penggunaan Present Future Tense beserta contohnya

Penggunaan Present Future Tense beserta contohnya

Pada artikel kali ini, anakbelajar.id akan membahas tentang penggunaan present future tense dengan menggunakan will dan shall. Present future tense merupakan tense yang menyatakan suatu perbuatan atau peristiwa yang akan terjadi di waktu mendatang. Pembuatan kalimat dalam Present future tense biasanya menggunakan will, shall dan to be going to. Pada artikel ini, anakbelajar.id hanya akan membahas tentang penggunan present future tense dengan menggunakan will dan shall dalam contoh kalimatnya.  Untuk to be going to akan dibahas pada artikel selanjutnya.

penggunaan present future tense dengan menggunakan will dan contohnya
Baca juga : Penggunaan Present continuous tense

Untuk apa sajakan penggunaan present future tense ? present future tense biasanya digunakan untuk:

1. Present future tense bisanya digunakan untuk menyatakan suatu peristiwa atau perbuatan yang akan terjadi atau akan dilakukan di waktu tertentu di masa yang akan datang. Untuk penggunaan ini biasanya menggunakan keterangan waktu seperti tomorrow, tonight, soon, later, next, immediately, someday, in the future dan sebagainya. Contoh penggunaan dalam kalimat:
Our aunt will visit us next Sunday
( bibi kami akan mengunjungi kami hari minggu depan )

2. Present future tense digunakan untuk menyatakan suatu peristiwa yang diharapkan, diduga, dikhawatirkan pembicara akan terjadi. Penggunaan ini seringkali mengunakan kata- kata seperti worry, sure, afraid, believe, hope, expect, fear, suppose, perhaps, probably dan yang lainnya. Contoh
I am sure Yoga will call  us soon
( saya yakin Yoga akan menelepon kita segera)

They will probably come here a little bit late
( mereka mungkin akan datang kesini sedikit terlambat )

3. Present future tense digunakan juga untuk menyatakan suatu peristiwa atau perbuatan  yang biasanya selalu terjadi atau dilakukan di masa yang akan datang, contoh :
My uncle will visit us again next month
( pamanku akan mengunjungi kami lagi bulan depan )

4. Present future tense digunakan sebagai induk kalimat (main clause ) dalam kalimat pengandaian (conditional sentence ) type 1, sedangkan anak kalimatnya (if clause ) dalam bentuk simple present tense. Contoh :
They will come there if you invite them
( mereka akan datang kesana, jika kamu mengundang mereka )

Baca juga : penggunaan simple present tense

5. Present future tense digunakan sebagai induk kalimat dalam time clause. Time clause adalah klausa yang menunjukkan hubungan waktu. Kata keterangan waktu yang disering digunakan dalam time clause yaitu : when, as soon as, after, before. Contoh:
My younger brother will buy some candies as soon as he gets some money from my mother
( adik laki- lakiku akan membeli permen segera, setelah dia mendapatkan uang dari ibuku )

6. Present future tense digunakan untuk menyatakan pengumuman resmi tentang peristiwa yang akan terjadi atau dilakukan dan juga untuk menyatakan ramalan cuaca dalam surat kabar atau berita. Contoh
Mr. Susilo Bambang Yudhoyono will open the tournament in Jakarta tomorrow
( Bapak Susilo Bambang Yudhoyono akan membuka turnamen di Jakarta besok )

Demikianlah penggunaan present future tense dengan menggunakan will dan shall beserta contohnya. Semoga bisa bermanfaat