Cara Menambahan Ing di belakang Verb I

Cara Menambahan Ing di belakang Verb I

Pada artikel sebelumnya dibahas tentang penggunaan present continuous tense. Pada kali ini anakbelajar.id akan membahas tentang penambahan Ing dibelakang verb I. penambahan ing di belakang verb I ini erat kaitannya dengan penggunaan present continuous tense. Karena secara struktur bahasa present continuous tense ini menggunakan verb I dan Ing pada kalimat yang digunakannya.
Baca juga : penggunaan present continuous tense

Dalam menambahakan ing pada verb I ada beberapa langkah yang kita bisa terapkan, sehingga susunan bahasa yang digunakan lebih baik. Langkah-langkah ini sangat kita perlukan dalam menambahkan Ing pada verb I. langkah- langkah tersebut antara lain :
verb I + ing

1. Apabila kita menambahan Ing pada kata kerja (verb I ) yang diakhiri sebuah huruf e, maka huruf e tersebut dihilangkan dan ditambahkan dengan ing. Sebagai contoh :
Love  + ing  = loving
Like    + ing = liking
Give   + ing  = giving
Huruf e pada kata love, like dan give hilang ketika diberi akhiran atau imbuhan ing dibelakangnya

Terkecuali kata kerja (verb I ) yang diakhiri dengan huruf vocal ee, maka kata kerja tersebut langsung ditambah dengan ing, tanpa menghilangkan huruf ee tersebut. Contoh :
See + ing  = seeing
Free + ing = freeing

2. Apabila ada kata kerja yang berakhiran ie, maka huruf ie tersebut diubah menjadi huruf y dan diberi tambahan ing. Contoh :
Die  + ing = dying
Lie + ing  = lying

3. Apabila ada kata kerja yang terdiri dari suku kata yang memiliki pola konsonan vocal konsonan, maka konsonan terakhir ditulis rangkap dan ditambah dengan ing. Contoh:
Run + ing = running
Drop + ing = dropping
Put + ing = putting
Stop + ing = stopping
Coba kita perhatikan kata kerja run, susunan kata tersebut memiliki pola konsonan vocal konsonan.
R  = huruf konsonan
U  = huruf vocal
N = huruf konsonan

4. Apabila kata kerja yang terdiri dari dua suku kata atau lebih dan suku kata terakhir hanya memiliki satu huruf vocal dan dibaca dengan tekanan, maka konsonan terakhir ditulis rangkap kemudian ditambah dengan ing. Contoh :
Submit + ing =  submitting
Admit + ing = admitting
Begin + ing =  beginning

Tetapi kata kerja yang tekanan ketika mengucapkannya terletak pada suku kata pertama, maka hanya diberi tambahan inf saja tanpa menambahkan suku kata rangkap konsonan terakhir. Contoh :
Enter + ing = entering

5. Apabila kata kerja yang terdiri dari dua suku yang berakhiran dengan huruf l,  sebelum huruf l hanya ada satu huruf vocal, maka huruf  l  tersebut ditulis rangkap dan diberi tambahan ing. Contoh :
Cancel + ing = cencelling

Tapi, apabila sebelum huruf l terdapat dua huruf vocal, maka hanya perlu menambahkan ing tanpa menulis lagi atau menulis rangkap huruf l, seperti :
Reveal + ing = revealing

6. Kata kerja yang tidak termasuk dalam kriteria penjelasan diatas, maka cukup dengan menambahkan secara langsung dengan ing. Contoh :
Look + ing = looking
Wishin + ing = wishing
Try + ing = trying

Demikian beberapa cara atau langkah-langkah dalam menambahkan akhiran ing pada kata kerja (verb I ) semoga bisa bermanfaat dalam mempelajari bahasa Inggris.