cara menghitung kecepatan jika jarak dan waktu diketahui

cara menghitung kecepatan jika jarak dan waktu diketahui

menghitung jarak
Menghitung kecepatan, jarak dan waktu tempuh merupakan salah satu materi pelajaran matematika yang di tingkat sekolah dasar. Materi tersebut diajarkan di kelas 4 dan 5 sekolah dasar. Anakbelajar.id sengaja membuat postingan cara menghitung kecepatan jika jarak dan waktu diketahui agar postingan bisa bermanfaat dan menjadi sarana anak belajar.
Pada postingan sebelumnya kita telah membahas tentang cara menghitung jarak dan waktu dalam soal cerita. Pada kali ini anakbelajar.id akan membahas tentang cara menghitung kecepatan jika jarak dan waktu diketahui. Bagaimana cara menghitungnya? Berikut kita beri contoh soal latihan.

  1. Zulfa berangkat dengan sepeda motor dari kota A pukul 7.00 dan tiba di kota B pukul 10.15. jarak kota A ke kota B adalah 65 km. berapa kecepatan sepeda motor Zulfa?

Cara menghitungnya yaitu:
 - Diketahui :
 - Jarak              = 65 km
Waktu tempuh = waktu tiba – waktu berangkat
                     = 10.15 – 7.00 = 3 ¼ jam = 13/ 4 jam

 - Ditanya : berapa kecepatan sepeda motor Zulfa ?
 - Jawab :
Kecepatan = jarak dibagi waktu
                 = jarak : waktu
         = 65 : 13 / 4
         = 20 km/jam

Agar lebih memahaminya anakbelajar.id akan memberikan beberapa soal latihan untuk dikerjakan. Selamat mengerjakan:

  1.  Rafsa naik mobil dari kota M ke kota N selama 5 jam. Jarak kota M ke kota N 185 km. berapa kecepatan mobil Rafsa?
  2.  Rianto berangkat dari Cilegon pukul 7.15 dengan mengendarai mobil dan tiba di Cengkareng pukul 10.15. jika jarak Cilegon ke Cengkareng 240 km. berapa kecepatan mobil yang dikendarai Ranto?
  3.  Jarak rumah Syawal ke bandara 150 km. pesawat yang akan ditumpangi berangkat pukul 9.30. jika ia berangkat dari rumah pukul 8.00, agar tidak terlambat, berapa keceppatan mobil yang harus ditumpangi syawal? 
  4.  Jarak kota B ke kota C ialah 169 km. Yoga berangkat dengan mengendarai mobil dari kota B pukul 9.15 menuju kota C dan tiba pukul 12.45. di perjalanan, ia berhenti selama 15 menit berapa kecepatan mobil yang ditumpangi Yoga?

Demikian cara menghitung kecepatan jika jarak dan waktu diketahui berserta soal latihannya, semoga bermanfaat.
Silahkan share artikel ini jika bermanfaat untuk putra-putri anda.